Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Jalin Jejaring di Bidang Cuaca dan Iklim
Penulis : Reiny Dwinanda • Media : REPUBLIKA.co.id • 03 Jul 2019 • Dibaca : 736 x ,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mempertemukan pakar dan peneliti dari berbagai instansi dan perguruan tinggi serta pengguna terkait untuk berjejaring tentang cuaca dan iklim, komposisi atmosfer, perkembangan teknologi atmosfer, dan ruang lingkup sains atmosfer lainnya. Pertemuan itu dalam Seminar Nasional Sains Atmosfer 2019 pada Kamis (4/7) di Kantor LAPAN di Bandung, Jawa Barat.

"Seminar ini dapat juga dijadikan tempat untuk saling bertukar informasi dan pengetahuan di dalam menghadapi fenomena-fenomena atmosfer dan iklim yang terjadi saat ini," kata Ketua Panitia Seminar Nasional Sains Atmosfer 2019 Martono dalam keterangan pers yang diterima Antara di Jakarta, Rabu.

Melalui seminar yang bertema "Peran Sains dan Teknologi Atmosfer dalam Mewujudkan SDGs (Sustainable Development Goals) di Indonesia", Martono berharap kualitas penelitian dan pengembangan sains dan teknologi atmosfer yang dapat berkontribusi dalam pencapaian pembangunan berkelanjutan dapat terpacu. Seminar tahunan yang difasilitasi oleh LAPAN itu menampilkan hasil penelitian, kajian, perekayasaan dan analisis yang berkaitan dengan topik kebencanaan hidrometeorologi, teknologi pengamatan atmosfer, perubahan iklim, kimia, dan lingkungan atmosfer, serta atmosfer maritim.

Menurut Martono, tujuan pembangunan berkelanjutan dapat terjadi dengan adanya integritas dari berbagai sektor yang didukung oleh sains, termasuk sains atmosfer dan pengembangan teknologinya.
"Sains atmosfer sebagai salah satu cabang ilmu yang terus berkembang dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan," ujarnya.

Dengan penelitian dan pengembangan di bidang sains atmosfer, diharapkan dapat terjadi peningkatan kualitas lingkungan hidup serta adanya upaya mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan yang terjadi pada atmosfer bumi sehingga berbalik menjadi kunci peningkatan kemampuan dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.

Sumber: https://nasional.republika.co.id/berita/pu2ooq414/lapan-jalin-jejaring-di-bidang-cuaca-dan-iklim








Related Posts
Litbang Sains dan Teknologi Atmosfer LAPAN Bantu Wujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)
05 Jul 2019
LAPAN kembali selenggarakan Seminar Nasional Sains Atmosfer (SNSA) 2019 di Kedeputian Sains Antariksa dan Atmosfer, LAPAN Bandung Kamis (4/07). Acara ini dihadiri oleh 52 pemakalah yang berasal dari berbagai lembaga…
SNSA 2019: LAPAN AJAK DISKUSI HADAPI TANTANGAN FENOMENA ATMOSFER & IKLIM
04 Jul 2019
Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) akan menyelenggarakan Seminar Nasional Sains Atmosfer 2019 pada hari Kamis (4/7) di Kantor LAPAN Bandung. Seminar ini telah dilaksanakan oleh Pusat Sains dan Teknologi…
SEMINAR NASIONAL SAINS ATMOSFER 2019: LAPAN Ajak Diskusi untuk Hadapi Tantangan Fenomena Atmosfer dan Iklim
03 Jul 2019
Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) akan menyelenggarakan Seminar Nasional Sains Atmosfer 2019 pada Kamis, 4 Juli 2019 di Kantor LAPAN Bandung. Seminar ini telah dilaksanakan oleh Pusat Sains…
LAPAN SELENGGARAKAN SEMINAR NASIONAL SAINS ANTARIKSA 2016
24 Nov 2016
Pusat Sains Antariksa LAPAN menyelenggarakan Seminar Nasional Sains Antariksa (SNSA) 2016, Rabu (22/11) di Auditorium…
SEMINAR NASIONAL SAINS ATMOSFER (SNSA) 2016
05 Apr 2016
Informasi Lengkap dapat dilihat di psta.lapan.go.id/snsa2016
LAPAN Selenggarakan Seminar Nasional Sains Atmosfer
23 Apr 2015
Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) LAPAN menyelenggarakan Seminar Nasional Sains Atmosfer (SNSA) 2015 pada Rabu (22/4) di Auditorium LAPAN Bandung. SNSA 2015 mengusung tema "Peran Sains dan Teknologi Atmosfer…

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL