Kompetensi Utama

Layanan


Pulau Jawa Terlalu Gemerlap di Malam Hari, LAPAN Bangun Observatorium Baru di NTT
Penulis : Ardi Priyatno Utomo • Media : tribunnews.com • 08 Jul 2019 • Dibaca : 2162 x ,

TRIBUNJOGJA.COM - Citra satelit yang dirilis Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memperlihatkan betapa gemerlapnya Pulau Jawa pada malam hari.

Foto yang diambil dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Agustus 2018, memperlihatkan Jawa diselimuti cahaya di tengah gelapnya Samudera Hindia.

Namun, menurut pemerhati astronomi Adib Rifqi Setiawan, gemerlapnya Pulau Jawa itu justru bakal memberikan kerugian bagi para astronom dalam melakukan tugasnya.

Adib menerangkan, dampak yang paling dirasakan astronom adalah mereka tak bisa mengamati obyek langit karena kalah terang dengan cahaya sekitar.

Dia kemudian menjelaskan fakta itu menjadi alasan mengapa dibangun observatorium baru yang berlokasi di Timau, Kecamatan Amfoang Tengah, Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Sebelumnya, Emmanuel Sungging Mumpuni, peneliti dari Pusat Sains Antariksa (Pusalinsa) dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengatakan, daerah itu dianggap lokasi terbaik di Indonesia untuk pengamatan astronomi.

"Daerah NTT adalah salah satu daerah dengan iklim yg baik untuk pengamatan astronomi, yakni banyak malam cerah dalam setahun," sambung Sungging.

Pernyataan ini menegaskan apa yang ditulis oleh Sungging dan koleganya dalam makalah tersebut bahwa fraksi kecerahan langit di Timau mencapai 70 persen.

Adib berujar, semakin gemerlap kotanya, maka semakin sulit dibangun observatorium sebagai pusat pengamatan obyek langit, sehingga semakin menyusahkan dalam pengajaran ilmu Astronomi.

“Selain mengaburkan kemampuan meneliti benda langit, gemerlapnya cahaya juga menghantam spesies lain seperti glow worm ketika berusaha mendekati pasangan untuk musim kawin,” ujar Adib, Senin (8/7/2019).

Adib menyebut jika observatorium dibangun di tengah kota, maka setidaknya mempunyai radius 10 kilometer dengan kawasan sekitarnya diusahakan gelap. (Ardi Priyatno Utomo)






sumber : https://jogja.tribunnews.com/2019/07/08/pulau-jawa-terlalu-gemerlap-di-malam-hari-lapan-bangun-observatorium-baru-di-ntt.








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL