Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Selenggarakan Edukasi Keantariksaan dan Talkshow Pre Aero Summit II 2019
Penulis : redaksi • Media : pripos.id • 08 Jul 2019 • Dibaca : 1021 x ,

Bogor, pripos.id (8/7/2019) – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menggelar kegiatan AEROFEST 2019 di Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang), Rumpin, Bogor, Jawa Barat,  Senin – Selasa, 8 -9 Juli 2019. Acara yang digelar untuk memperingati sewindu berdirinya Pustekbang ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengedukasi masyarakat mengenai dunia penerbangan secara luas serta sebagai ajang diskusi bagi para pemangku kepentingan di dunia penerbangan.

Hari pertama AEROFEST, Senin (8 juli 2019) berbagai kegiatan yang akan diselenggarakan antara lain: lomba menggambar, pengumuman pemenang lomba desian UAV dengan tema kebencanaan, pameran teknologi penerbangan dan antariksa, peluncuran roket air, mini planetarium, demo pesawat tanpa awak LAPAN serta kegiatan sosial seperti sunatan masal, donor darah dan bazar.

Sedangkan  hari kedua, Selasa (9 Juli 2019) akan diadakan talkshow mengenai dunia penerbangan bersama pakarnya dan beberapa Kementerian terkait. Talkshow yang bertajuk Pre –Aerosummit II ini akan dibuka oleh Kepala LAPAN, Prof Thomas Djamaluddin dengan menghadirkan berbagai pembicara utama, seperti Ridwan Djamaluddin dari Kemenko Maritim, Wahyu Utomo dari Kemenko Perekonomian, Taufan Wijaya dari PINA, Muhammad Ridlo Akbar dari PT DI, Rowin Mangkusoebroto dari IAMSA dan Heru Gunawan dari IAEC.

Pre – Aerosummit ini merupakan Focus Group Discussion (FGD) ke 2 sebelum nantinya pada  September 2019 akan diselenggarakan Aero Summit II. Kegiatan ini bertujuan untuk mengintegrasikan antara lembaga litbang , industri, dan komunitasi penerbangan dan antariksa.

Menurut Kepala Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN, Dr. Gunawan S Prabowo, Pre Aerosummit ke 2 ini untuk memantapkan niat untuk membentuk Lembaga Kepercayaan (Board of Trustee) dari para pemangku kepentingan sebagai pengawal dan pemantau roadmap dalam dunia penerbangan di Indonesia. “Kemenko Kemaritiman dan Kemenko Perekonomian telah siap menjadi koordinator dan telah menujuk LAPAN sebagai sekretariat Board of Trustee,”  ujarnya.

FGD ini juga akan membahas tindak lanjut  progres status dari pengembangan cetak biru kedirgantaraan nasional serta menyepakati langkah-langkah yang akan dilakukan agar cetak biru kedirgantaraan nasional akan dapat disepakati dan digaungkan pada saat Aaero Summit 2019 mendatang.

Roadmap penerbangan yang telah disusun LAPAN dan para stakeholder akan menjadi roadmap besar untuk dunia penerbangan di Indonesia. Berdasarkan hasil yang telah dicapai pada Pre Aero Summit 1 para pemangku kepentingan di dunia penerbangan akan bersepakat membangun sebuah kantor bersama guna mengintegrasikan dan menyatukan roadmap yang telah disusun tersebut sehingga nantinya akan terwujud secara nyata kemandirian di bidang teknologi penerbangan nasional.(nor)

sumber : https://pripos.id/lapan-selenggarakan-edukasi-keantariksaan-dan-talkshow-pre-aero-summit-ii-2019/










Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL