Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Sebut Polusi Jakarta Melebihi Bangkok
Penulis : Nur Azizah • Media : medcom.id • 09 Jul 2019 • Dibaca : 724 x ,

Jakarta: Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebut udara Jakarta hari ini berpolusi. Berdasarkan data, terdapat sebaran partikel padat dengan ukuran di bawah 2,5 dan 10 mikrometer (PM2.5 & PM10).

"Di Jakarta cukup berpolusi pagi ini, sekitar 180 mikrogram per meter kubik," kata Peneliti Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh LAPAN Dony Kushardono seperti yang dikutip dari akun resmi @lapan_ri, Selasa, 9 Juli 2019.

Dony menyebut partikel polusi Jakarta enam kali lebih tinggi dibandingkan Singapura dan lima kali lebih parah ketimbang Bangkok, Thailand. Partikel polusi Singapura dan Bangkok hanya sekitar 28 dan 35 mikrogram per meterkubik.

"Beberapa kota seperti Medan dan Surabaya juga nampak udaranya berpolusi (tapi hanya) sekitar 75 mikrogram per meterkubik," pungkas dia.

Udara Jakarta bukan kali ini saja dinyatakan berpolusi. Senin, 25 Juni 2019 Alat pengukur udara AirVisual menyatakan kualitas udara di Jakarta hari ini tidak sehat. Ini pun membuat Jakarta sebagai kota dengan tingkat polusi udara terburuk di dunia.

AirVisual merupakan situs penyedia peta polusi daring yang tersebar di kota-kota besar di dunia. AirVisual mencatat nama Jakarta muncul dalam urutan pertama kota dengan dengan tingkat polusi tertinggi.

Setelah Jakarta, ada kota Lahore di Pakistan, Hanoi di Vietnam, Dubai di Uni Emirat Arab, serta Wuhan di China yang masuk lima besar kota dengan tingkat polusi udara tertinggi dunia.





sumber : https://www.medcom.id/nasional/metro/4KZ6O2EK-lapan-sebut-polusi-jakarta-melebihi-bangkok








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL