Kompetensi Utama

Layanan


Saturnus Berada di Posisi Dekat Bumi, Bisa Dilihat Dengan Mata Telanjang!
Penulis : Indra Cahya • Media : merdeka.com • 10 Jul 2019 • Dibaca : 514 x ,

Merdeka.com - Planet cincin Saturnus kini sedang berada di posisi yang terdekat dengan Bumi. Hal ini membuat planet terbesar kedua di tata surya tersebut bisa terlihat di Bumi. Tak perlu bantuan teleskop, dengan mata telanjang pun visibilitasnya akan cukup jelas.
Melansir cuitan dari akun Twitter resmi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN yakni @LAPAN_RI, planet Saturnus akan tampak bersinar putih kekuningan dan dapat diamati dengan mata biasa. Serta lebih baik jika menggunakan teleskop.
Disebut, jika kita mengintipnya lewat teleskop, cincin Saturnus dapat terlihat. Oposisi Saturnus dapat dilihat di seluruh wilayah Indonesia mulai dari waktu Maghrib sampai menjelang matahari terbit.
Meski demikian, visibilitas atau tingkat kejelasannya tentu bergantung pada kondisi cuaca masing-masing daerah. Makin cerah tentu makin jelas.
LAPAN menyebut bahwa posisi Saturnus akan paling dekat pada 9 Juli 2019 menuju ke 10 Juli 2019 pagi. Namun di hari berikutnya, penampakan masih akan terlihat jelas.
Oposisi sendiri, yang merupakan kondisi terdekat suatu planet dari Bumi, merupakan kondisi di mana suatu planet berada di posisi terdekat dengan Bumi namun berlawanan dari Matahari, sehingga Bumi berada di tengah.
Jupiter pun juga akan sedikit terlihat karena kondisinya juga pada titik terdekat dengan Bumi. Namun posisinya akan jauh lebih ke Barat.

sumber : https://www.merdeka.com/teknologi/saturnus-berada-di-posisi-dekat-bumi-bisa-dilihat-dengan-mata-telanjang.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL