Kompetensi Utama

Layanan


Seminar Nasional Penginderaan Jauh Tahun 2019 (SINAS INDERAJA 2019)
16 Jul 2019 • Dibaca : 2681 x ,

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional melalui Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh akan menyelenggarakan Seminar Nasional Penginderaan Jauh Tahun 2019 (SINAS INDERAJA 2019) dengan tema “ Peningkatan Pemanfaatan IPTEK Penginderaan Jauh untuk Mendukung Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) ” pada Rabu 17 Juli 2019 di The Margo Hotel, Margonda, Depok. Seminar ini akan dihadiri 300 (tiga ratus) peserta dan undangan yang berasal dari berbagai Kementerian/Lembaga, TNI, POLRI, perguruan tinggi, pemerintah daerah, swasta dan organsasi penelitian serta profesi di Indonesia.

SINAS INDERAJA 2019 ini bertujuan sebagai sarana untuk bertukar ilmu pengetahuan, informasi dan pengalaman mengenai perkembangan terkini di bidang teknologi dan data serta pemanfaatan penginderaan jauh, khususnya di sektor – sektor yang bisa memberikan kontribusi nyata dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Seminar ini akan dibuka oleh Kepala LAPAN Prof Thomas Djamaluddin dan menghadirkan pembicara utama Menteri PPN/Kepala Bappenas yang akan membahas tentang “Kebijakan Pemerintah dalam Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”.

Pada kegiatan ini juga terdapat agenda talkshow yang menghadirkan pembicara dari Deputi Bidang Penginderaan Jauh, Deputi Bidang Maritim dan Sumberdaya alam Bappenas, serta Direktur Eksekutif SDGs Center Universitas Padjadjaran. Sesuai dengan Undang-Undang No. 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaaan dan Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Kegiatan Penginderaan jauh, LAPAN telah memenuhi kewajibannya dalam menyediakan data, metode, dan informasi penginderaan jauh tanpa biaya.

Dalam upaya untuk mewujudkan pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), teknologi penginderaan jauh berperan sangat besar terutama pada tujuan SDGs ke -6 terkait dengan penyediaan air bersih dan sanitasi dan bisa dimanfaatkan untuk pemantauan kawasan resapan air. SDGs ke-11 tentang perencanaan dan pembangunan kota yang berkesinambungan bisa dimanfaatkan untuk pemantauan kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Selain itu, pada tujuan SDGs ke-13 terkait penanganan perubahan iklim bisa dimanfaatkan untuk melihat suhu panas atau polusi di perkotaan. Pada tujuan SDGs ke-14 yaitu bidang lingkungan dan sumberdaya maritim bisa dimanfaatkan untuk melihat Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI), sedangkan terkait dengan tujuan SDGs ke-15 tentang lingkungan dan sumberdaya darat bisa dimanfaatkan untuk pemantauan hutan.

Seminar ini diharapkan akan memperkuat kerja sama di bidang penyediaan dan pemanfaatan penginderaan jauh antara LAPAN dan para stakeholder. Rumusan hasil dari seminar ini nantinya akan disampaikan sebagai rekomendasi untuk mendukung percepatan dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) di Indonesia.



Jakarta, Juli 2019
Narahubung:
Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Ir. Jasyanto, MM. (Hp. 08111735071/081286287632)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL