Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Selenggarakan Workshop dan Training GNSS 2019 Skala Internasional
Penulis Berita : Humas/CW/FD • Fotografer : Humas HRS • 18 Jul 2019 • Dibaca : 2036 x ,

Kepala Pusat Sains Antariksa LAPAN memberikan sambutan

Pussainsa LAPAN bekerjasama dengan Tim BELS (Building European links toward South East Asia in the field of GNSS) Project, terdiri dari para peneliti dan pengguna Global Navigation Satellite System yang berasal dari Eropa dan Asia, LINKS FOUNDATION (Italia), Politecnico Torino (Italia), bavAIRia (Jerman), NSTDA (Thailand), HUST, (Vietnam) mengadakan kegiatan Workshop dan Training GNSS 2019 dengan tema “ GNSS Technologies and Application For a Sustainable Development the European Contribution to Robust and Precise Positioning” yang diselenggarakan pada tanggal 17-19 Juli 2019 dimana workshop pada tanggal 17 Juli sedangkan training pada tanggal 18-19 Juli 2019.

Acara ini bertujuan untuk mengenalkan secara lebih luas bagaimana sistem dan aplikasi dari satelit navigasi, khususnya satelit Galileo milik Eropa. Sebagaimana kita ketahui, perkembangan teknologi satelit terutama satelit navigasi demikian pesatnya. Hal ini dapat dipahami karena manfaat dari satelit yang demikian luas di berbagai bidang, antara lain untuk informasi cuaca antariksa, pemetaan, survei di bidang pertanahan, pertanian, perbankkan, monitoring transportasi darat, dan udara, serta mitigasi bencana alam.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Kepala Pusat Sains Antariksa, Clara Y.Yatini yang menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga kegiatan workshop ini dapat terselenggara. Kemudian dilanjutkan pembukaan secara resmi oleh Deputi Sains Antariksa dan Atmosfer, Afif Budiyono di mana disampaikan tentang seberapa jauh penerapan GPS yang sudah digunakan di Indonesia dan instansi mana saja yang sudah menggunakan GPS atau GNSS. Selanjutnya pengenalan tentang project dan kegiatan yang dilakukan oleh BELS disampaikan oleh Ms. Deisting dari bavAIRIa.

Peserta workshop berasal dari berbagai instansi dari dalam maupun dari luar negeri. Lebih kurang ada 20 institusi, perguruan tinggi, maupun perusahaan terkait, yang ikut serta dalam kegiatan workshop dan training ini. Peserta workshop yang hadir sekitar 55 peserta.

Workshop dimaksudkan untuk berbagi pengalaman dan hasil-hasil penelitian serta pemanfaatan GNSS di berbagai bidang. Sementara itu training dimaksudkan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan tentang Teknik pengolahan data GNSS, khususnya satelit Galileo.

Diharapkan dari acara ini akan membuka peluang kerjasama penelitian maupun pemanfaatan GNSS khususnya dalam bidang keantariksaan serta bidang lain yang terkait.




Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL