Kompetensi Utama

Layanan


Peran LAPAN dalam Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SGDs)
Penulis Berita : Humas/Rr • Fotografer : Humas/It • 18 Jul 2019 • Dibaca : 2128 x ,

Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin memberikan sambutan.

Deputi Bidang Penginderaan Jauh menyelenggarakan Seminar Nasional Penginderaan Jauh (Sinas Inderaja) ke-6 Tahun 2019 di The Margo Hotel (17/07/2019). Sebanyak 300 orang hadir dalam seminar dengan bertema Peningkatan Pemanfaatan IPTEK Penginderaan Jauh untuk mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/(SGDs). Peserta dan undangan yang hadir mulai dari Kementerian/ Lembaga, TNI, POLRI, perguruan tinggi, pemerintah daerah, swasta dan organisasi penelitian.

Dalam sambutannya Kepala LAPAN menyampaikan bahwa “LAPAN sebagai lembaga penerbangan dan antariksa bisa mengadopsi by protect untuk mengimplementasi teknologi antariksa ini untuk mendukung SGDs, oleh sebab itu LAPAN berupaya menjadi semacam SGDs center untuk mendokumentasi atau pemanfaatan teknologi penginderaan jauh untuk mendukung SGDs seperti ketahanan pangan, mengurangi kemiskinan, mencegah bencana dan adaptasi terhadap perubahan iklim, serta pemanfaatan air dan sumber daya alam”. Kemudian dalam 5 tahun terakhir LAPAN sudah mencanangkan visi untuk menjadi pusat unggulan dan dari 7 program utama, 5 sudah ditetapkan dalam PUI (Pusat Unggulan IPTEK)”. Selain itu Kepala LAPAN dalam akhir sambutannya menghimbau untuk semua pihak diajak untuk mendorong pembangunan berkelanjutan.

Kemudian Oktorialdi yang merupakan staf ahli menteri bidang pemerataan dan kewilayahan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS menyampaikan keynote speech terkait Kebijakan Pemerintah dalam Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) / Sutainable development Goals (SGDs). Beliau mengatakan bahwa “TPB/SGDs telah disepakati dalam sidang PBB bulan September 2015 dengan 17 tujuan dan 169 target dan 241 indkator meliputi 3 aspek utama yaitu pembangunan manusia, ekonomi dan lingkungan. Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dapat dikatakan dalam 5P yaitu People, Planet, Prosperity, Peace dan Partnership”. Prinsip SGDs adalah partisipasi semua pihak yaitu meliputi (1) Pemerintah dan parlemen, (2) Filantropi dan Pelaku Usaha, (3) Akademi dan Pakar, (4) Organisasi Kemansyarakatan dan Media.

Selain itu dalam seminar nasional penginderaan jauh ini dilakukan juga penandatangannan PKS LAPAN-ITB untuk mendukung tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan (SGDs).

Beberapa Narasumber talk show dalam seminar nasional penginderaan jauh 2019 yaitu Dr. Orbita Roswintiati (Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN) dan Dr. Zuzy Anna (SGD Center Universitas Padjajaran).

Seminar Nasional Penginderaan Jauh diakhiri dengan pembacaan rumusan seminar penginderaan jauh 2019 oleh kepala pusat pemanfaatan penginderaan jauh dan pengumuman pemakalah terbaik yang dimenangkan oleh balai riset dan observasi laut, presentasi terbaik yaitu mahasiswa dari Ilmu Geografi Univeritas Indonesia dan poster terbaik dari mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta.

Harapan dalam acara ini yaitu dapat membuka peluang kerjasama penelitian maupun pemanfaatan teknologi penginderaan jauh untuk mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SGDs) dalam agenda tahun 2030.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL