Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN melalui Bidang Penginderaan Jauh Dukung Pencapaian SDGs
Penulis : Hidayat Salam • Media : Airmagz.com • 18 Jul 2019 • Dibaca : 1130 x ,

Jakarta, airmagz.com – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) melalui Deputi Bidang Penginderaan Jauh menyelenggarakan Seminar Nasional Penginderaan Jauh Tahun 2019 (SINAS INDERAJA 2019) dengan mengusung tema “Peningkatan pemanfaatn IPTEK penginderaan jauh untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable development Goals (SDGs) di The Margo Hotel, Margonda, Depok, Rabu (17/7).

Seminar tersebut merupakan sarana untuk ilmu pengetahuan, informasi dan pencapai penerbangan terkini di Bidang teknologi, data dan pemanfaatan penginderaan jauh. SINAS INDERAJA 2019 dihadiri oleh lebih dari 300 peserta dan para undangan yang terdiri dari berbagai Kementerian/Lembaga, TNI, POLRI, Perguruan Tinggi, Pemerintah Daerah, Swasta dan Organisasi Penelitian/profesi di Indonesia. seminar ini dibuka oleh Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin.


Diharapkan dengan melalui SINAR INDERAJA 2019 akan terjadi perkuatan kerja data di Bidang penyedia dan pemanfaatan penginderaan jauh Antariksa LAPAN serta para pemangku kepentingan untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia. Di samping itu, SINAS INDERAJA 2019 menghadirkan pembicara utama yakni dari Kementerian PPN/Bappenas yang membahas kebijakan Pemerintah dalam Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Seminar penginderaan jarak jauh selalu diadakan setiap tahunnya dan sudah memasuki tahun ke- 6 dalam penyelenggaraannya .
Menurut Ketua LAPAN Thoms Djamaluddin dalam penerapan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, langkah yang dilakukan setiap negara berdasar pada kemampuan serta kapasitas masing-masing.

“Teknologi penginderaan jauh dapat optimal dimanfaatkan untuk tujuan bersama dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan untuk bangsa Indonesia”; tegas Djamal.

Djamal menambahkan dalam lima tahun ke depan, LAPAN ingin menjadi penggerak pada sektor pembangunan yang berbasi IPTEK penerbangan dan juga antariksa yang unggul.

Dalam seminar ini LAPAN mengambil lima subtema poin yang akan menjadi fokus pembahasan terkait pemanfaatan penginderaan jauh. Pertama, peran pemanfaatan penginderaan jauh untuk air bersih dan sanitasi layak (SDGs ke-6).

Kedua, pemanfaatan penginderaan jauh untuk kota dan komunitas berkelanjutan (SDGs 11). Ketiga, pemanfaatan penginderaan jauh untuk perubahan iklim (SDGs 13). Keempat pemanfaatan penginderaan jauh untuk ekosistrm laut (SDGs 14) dan terakhir untuk ekosistem darat (SDGs 15). (HS)

Sumber: https://www.airmagz.com/46613/lapan-melalui-bidang-penginderaan-jauh-dukung-pencapaian-sdgs.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL