Kompetensi Utama

Layanan


TINGKATKAN PENGGUNAAN CITRA, BAPPEDA BANTUL & LAPAN GELAR SOSIALISASI
Penulis : Syarifudin • Media : Laduni.id • 22 Jul 2019 • Dibaca : 2769 x ,

LADUNI.ID, Bantul - Pustekdata Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dan Bappeda Kabupaten Bantul menggelar sosialisasi hasil 'Penyediaan dan Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh untuk Mendukung Pembangunan Daerah', di Ruang Rapat Sasana Bawarasa Bappeda Pemerintah Kabupaten Bantul, Senin, (22/7/2019).

Hadir dalam sosialisasi tersebut, Rubini Yusuf, (Kabid Desiminasi Putekdata Lapan), Nur Indah Isnaeni, (Kepala Bidang Pengendalian, Penelitian, dan Pengembangan), Eni Kriswandi, (Kepak Sub Bidang Analisa Data & Laporan) dan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Bantul, Staff Pendukung Bidang Desiminasi Pustekdata Lapan, Tim Pembantu Tata Ruang Kabupaten Bantul serta sejumlah mahasiswa dari perguruan tinggi di Yogyakarta.

Kepala Bidang Desiminasi Pustekdata Lapan, Rubini Yusuf, mengatakan sebagai lembaga pemerintah yang membantu melaksanakan tugas pemerintahan di bidang penelitian dan pemanfaatan data penginderaan jauh, Lapan memiliki bank data penginderaan jauh nasional yang bisa di akses oleh masyarakat.

Menurutnya, semua citra-citra satelit di Indonesia dikumpulkan oleh Lapan. Dari resolusi rendah, menengah, tinggi bahkan sangat tinggi yang bisa di akses melalui website Lapan.

Untuk data resolusi tinggi dan sangat tinggi, lanjut Rubini, bisa langsung datang ke Jakarta (Pustekdata Lapan).

"Terkait kebutuhan resolusi tinggi dan sangat tinggi silahkan datang langsung ke Jakarta dengan membawa hardisk yang cukup untuk bisa mengcopy data" terangnya.

Lebih lanjut, Rubini, menjelaskan, Lapan menerima data pleiades setiap waktu. Daerah mana yang bisa terekam sesuai permintaan pengguna data.

"Apa yg dibutuhkan, kami akan merekam sesuai permintaan user," katanya.

Lebih lanjut lagi, terang Rubini, Lapan mempunyai pengembangan SPACeMAP (Sistem Penyajian Data penginderaan Jauh yang cepat mudah aman dan Populer).

"Selain itu, Lapan juga melayani jenis layanan data setalit penginderaan jauh, informasi berbasis data penginderaan jauh, pedoman standar pengelolahan dan kualitas data serta ekstraksi informasi dan klasifikasi penginderaan jauh dan pembinaan/ bimbingan teknis," tuturnya.

Acara dilanjut dengan diskusi manfaat data penginderaan jauh, dan diakhiri dengan penyerahan citra dari Lapan kepada Bappeda Bantul. (srf)


Sumber: http://www.laduni.id/post/read/63562/tingkatkan-penggunaan-citra-bappeda-bantul-lapan-gelar-sosialisasi.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL