Kompetensi Utama

Layanan


FGD Pengelolaan E-Jurnal Tekgan Dorong Percepatan Penerbitan Tepat Waktu
Penulis Berita : Humas/And • Fotografer : Humas/RikaA • 05 Aug 2019 • Dibaca : 269 x ,

Suasana penutupan kegiatan FGD E-Jurnal Tekgan yang berlangsung Senin (05/08) di Ruang Rapat Antariksa, Kantor Pusat LAPAN, Jakarta

Kedeputian Teknologi Penerbangan dan Antariksa menyelenggarakan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Pengelolaan Jurnal Teknologi Dirgantara (Tekgan) berbasis elektronik. Kegiatan yang berlangsung di Ruang Rapat Antariksa, Kantor LAPAN Pusat ini dihadiri oleh para peneliti dan perekayasa di lingkungan Kedeputian tersebut. Kegiatan berlangsung dua tahap, tahap pertama telah dilaksanakan pada tanggal 15-16 Juli 2019. Sedangkan tahap kedua berlangsung Senin (05/08).

FGD diselenggarakan dengan tujuan untuk mendorong para peneliti baru agar lebih semangat lagi menghasilkan karya ilmiah berupa karya tulisan sampai tulisannya bisa terindex di Jurnal Teknologi Dirgantara. Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Dr. Rika Andiarti, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa FGD tersebut sebagai salah satu upaya agar Tim Pengelola Jurnal Tekgan bisa menerbitkan jurnal tepat waktu.

Meski tujuan akhirnya adalah suksesnya penerbitan Jurnal Tekgan sebagai media publikasi nasional, Namun Rika berharap agar para penulis tidak berhenti pada output yang dihasilkan berupa paper saja. “Semoga paper-paper yang dibuat bisa mendorong untuk menghasilkan produk litbang, bahkan sampai diterbitkannya Hak Kekayaan Intelektual produk litbang LAPAN. Lebih bermanfaat lagi, produk-produk tersebut bisa dilakukan hilirisasi sampai ke pemanfaatan untuk masyarakat,” jelasnya.

Kegiatan FGD diisi dengan penelaahan materi paper para pemilik karya dengan dilakukan pembinaan oleh Tim Pengelola Jurnal Tekgan dan narasumber yang kompeten di bidang pengelolaan jurnal di LAPAN. Menurut Ketua Tim Pengelola Jurnal Tekgan, Prof. Heri Budi Wibowo, dari kegiatan tersebut telah berhasil terkumpul 14 paper yang diajukan. “Mudah-mudahan semuanya dapat dilakukan review sampai final sehingga sudah siap masuk ke tahapan copy editor,” harapnya.

Heri mengatakan, langkah ini cukup efektif dalam mendorong percepatan pengelolaan Jurnal Tekgan. Sebab, menurut pandangannya, kegiatan tersebut berlangsung intensif dan terjalin interaksi yang aktif di antara para penulis dengan para pengelola jurnal yang memberikan bimbingan secara optimal. 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL