Kompetensi Utama

Layanan


Yuk, Matikan Lampu! Lihat Penampakan Malam Langit
Penulis : Amal Nur Ngazis • Media : viva.co.id • 06 Aug 2019 • Dibaca : 273 x ,

VIVA – Belum lama publik heboh dengan listrik padam di Jawa, nah malam hari ini yuk matikan lampu selama sejam agar terlihat malam langit gelap. Ajakan matikan lampu pada Selasa malam 6 Agustus 2019 bukan berkaitan dengan listrik padam akhir pekan lalu. Imbauan ini tersebut merupakan kampanye Hari Keantariksaan Nasional.

Pada kampanye juga dikenal dengan Malam Langit Gelap ini, masyarakat diajak matikan lampu satu jam saja mulai pukul 20.00 sampai 21.00 waktu setempat. Tujuannya untuk menikmati keindahan langit malam.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin membenarkan kampanye matikan lampu tersebut. Pengamatan langit malam biasanya terkendala dengan polusi cahaya. Makanya pada Hari Keantariksaan Nasional ini, masyarakat diminta matikan lampu sejenak.

"Imbauan (matikan lampu) dilakukan secara nasional. Kami berharap, masyarakat turut peduli dengan masalah polusi cahaya," kata dia kepada VIVA.co.id, Selasa 6 Agustus 2019.

LAPAN menjelaskan, Agustus merupakan waktu yang sangat potensial untuk mengamati langit cerah bertabur bintang. Kecerahan langit pada bulan kemerdekaan ini karena masuk musik kemarau.

Saat Malam Langit Gelap, penikmat langit bisa melihat hamparan benda antariksa berpijar di langit luas dan bintang jatuh alias hujan meteor. Selain itu, pengamat bisa menyaksikan Galaksi Bima Sakti yang membentang di atas kepala, empat planet berjajar yaitu Venus, Jupiter, Saturnus dan Mars dari barat ke timur.

Tak hanya itu saja, pengamat juga bisa menikmati rasi bintang terkenal yaitu Scorpio (Kalajengking), Cygnus (Angsa), Crux (Salib Selatan). Bisa juga menikmati Segitiga musim panas yaitu Vega, Altair dan Deneb.

"Malam Langit Gelap juga ditujukan untuk membangun kesadaran publik perlunya menjaga keindahan langit dengan mengurangi polusi cahaya. Aksi ini menjadi gerakan nasional berhemat energi," tulis LAPAN di akun media sosialnya.

Nah bagaimana menarik bukan. Kamu sudah siap ya untuk matikan lampu malam nanti?





Sumber : https://www.viva.co.id/digital/teknopedia/1172847-yuk-matikan-lampu-lihat-penampakan-malam-langit-gelap








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL