Kompetensi Utama

Layanan


Hari Keantariksaan, Yuk Matikan Lampu Luar Nanti Malam!
Penulis : Yusuf Tirtayasa • Media : akurat.co • 06 Aug 2019 • Dibaca : 267 x ,

AKURAT.CO, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengajak masyarakat agar turut serta dalam peringatan 'Malam Langit Gelap' pada hari ini. Sebagaimana diketahui, setiap tanggal 6 Agustus diperingati sebagai Hari Keantariksaan.

Di tanggal yang sama pada tahun 2013 juga telah disahkan Undang-Undang Republik Indonesia No. 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan. Kabag Humas LAPAN, Jasyanto meminta masyarakat untuk mematikan lampu luar pukul 20.00-21.00 WIB malam nanti.

Hal itu sebagai upaya mengurangi polusi cahaya. Jasyanto mengungkapkan, masalah yang ditimbulkan akibat polusi cahaya begitu banyak.

"Mulai dari gangguan kesehatan terhadap makhluk hidup, matinya jutaan burung akibat menabrak bangunan tinggi yang bermandikan cahaya, bingungnya anak-anak penyu yang baru menetas sehingga kesulitan mencari arah ke laut karena cahaya lampu di pantai, hingga pada manusia dapat menyebabkan penyakit kanker," ujarnya dalam acara 'Exhibition Beyond Stellar 2019' seperti dilansir dari laman resmi LAPAN.

Jasyanto menuturkan peringatan Malam Langit Gelap juga berguna untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai polusi cahaya. Peringatan ini juga dilakukan agar masyarakat dapat kembali menyaksikan keindahan langit malam bertabur bintang yang selama ini tersita akibat menyalanya setiap lampu dalam gedung atau rumah-rumah di malam hari.

LAPAN berharap akan banyak orang yang melakukan penghematan energi untuk mengurangi polusi cahaya, dan ikut berpartisipasi dalam peringatan Malam Langit Gelap pada malam nanti.









Sumber : https://akurat.co/iptek/id-713580-read-hari-keantariksaan-yuk-matikan-lampu-luar-nanti-malam








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL