Kompetensi Utama

Layanan


Negara ASEAN Gelar Pertemuan Ahli di Bidang Teknologi Stasiun Bumi Penginderaan Jauh – Upaya Pencapaian SDGs
08 Aug 2019 • Dibaca : 2675 x ,

Sub-Komite ASEAN COST (SCOSA – Space Technology and Applications) kembali akan menyelenggarakan lokakarya tahunan terkait petukaran keahlian dan pengalaman di bidang Stasiun Bumi Penginderaan Jauh bagi negara-negara ASEAN. Kali ini, LAPAN selaku tuan rumah akan menggelar The 7th ASEAN Workshop on Remote Sensing Ground Station Experts Exchange di Hotel Swis Bell Makassar dan Stasiun Bumi Penginderaan Jauh Parepare, Sulawesi Selatan pada tanggal 13-15 Agustus 2019.

Acara tersebut kembali dilaksanakan di Indonesia setelah pelaksanaan tahun 2012. Kegiatan ini digagas sebagai upaya memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang satelit penginderaan jauh untuk pembangunan di Kawasan ASEAN. Bagi negara-negara anggota ASEAN sendiri, hal itu selaras dengan langkah pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals – SDGs).

Pada momentum tahun ini, tema yang menjadi fokus pembahasan adalah membangun kolaborasi di antara negara-negara anggota ASEAN dalam meningkatkan kemandirian dalam pengembangan dan pengoperasian sistem stasiun bumi penginderaan jauh melalui pertukaran pengalaman dan pengetahuan dalam pengoperasian, pemeliharaan, dan pengintegrasian sistem stasiun bumi penginderaan jauh. Selain itu juga berbagai pengembangan dalam sistem observasi bumi dan pemanfaatan data penginderana jauh.

Kita ketahui bersama, di era kemajuan perkembangan teknologi stasiun bumi penginderaan jauh, setiap negara menghadapi permasalahan yang sama dalam menjaga ketersediaan peralatan dan pembaruan teknologi. Di samping itu, tren kebijakan open data menuntut dimilikinya sistem yang lebih terbuka dan interoperabilitas. Kebutuhan-kebutuhan ini memungkinkan dibangunnya jaringan stasiun bumi penginderaan jauh di tingkat regional (Asia Tenggara) sebagai platform untuk berbagi data.

Jika sudah ada komitmen bersama terkait integrasi dan sistem otomatisasi di antara stasiun bumi penginderaan jauh di wilayah Asia Tenggara, diharapkan kapasitas dari setiap negara terhadap ketahanan pengembangan teknologi stasiun bumi penginderaan jauh akan lebih meningkat dan kuat.

Pada kesempatan ini, peserta lokakarya juga akan melakukan kunjungan ke Stasiun Bumi Penginderaan Jauh Parepare. Kunjungan tersebut untuk melihat secara langsung fasilitas infrastruktur yang dibangun dan pengoperasian stasiun bumi LAPAN. 









Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL