Kompetensi Utama

Layanan


Dibantu Satelit, Titik Api Cepat Terdeteksi
Penulis : Redaksi • Media : pontianakpost.co.id • 09 Aug 2019 • Dibaca : 1020 x ,

Larang Warga Membuka Lahan dengan Membakar

Tim gabungan memburu titik api yang sempat tampil di data satelit Lapan dengan titik koordinat Latitude 0.3562128 dan Longitude 110.0542518. Dari hasil penelusuran google maps tim mengidentifikasikan bahwa titik api ada di Dusun Asam Mareh (Limau) Desa Nyiin Kecamatan Jelimpo, Kabupaten Landak.

Miftahul Khair, Jelimpo

TIM gabungan terdiri dari TNI, Polri, BPBD dan Satgas Manggala Agni bergerak cepat. Perburuan titik api menyasar ke Desa Nyiin kecamatan Jelimpo, Selasa (6/8) lalu. Tim dipimpin Waka Polsek Ngabang Iptu Indra Mahyudin. Dari satelit Lapan titik koordinat Latitude 0.3562128 dan Longitude 110.0542518. Penelusuran google maps, tim mengidentifikasikan bahwa titik api berasal dari wilayah Dusun Asam Mareh (Limau) Desa Nyiin Kecamatan Jelimpo Kabupaten Landak.

Selama lebih dari satu jam, akhirnya tim berhasil menemukan lokasi kebakaran sebagaimana yang tercantum dalam satelit Lapan.

Saat didatangi tim, kondisi api dilahan tersebut sudah padam. Tim yang terdiri dari unsur TNI, POLRI, BPBD Landak dan Satgas Manggala Agni lantas melakukan pendataan identitas pemilik lahan dan luasan areal yang dibakar.

Pun pembakar lahan diketahui. Cae (35), warga dusun Asam Mareh RT 03 RW 01 desa Nyiin kecamatan Jelimpo. Dengan luas sekitar 0,4 ha yang akan digunakan untuk membuat kebun kelapa sawit. Pemilik lahan, Cae (35) merasa kaget saat didatangi tim. Dia bahkan tidak mengetahui bahwa pembakaran yang dilakukannya bisa terpantau satelit.

Waka Polsek Ngabang Iptu Indra Mahyudin kemudian mengingatkan pemilik lahan agar tidak mengulangi perbuatannya dan melapor ke Kepala Desa atau Bhabinkamtibmas jika menemukan hal serupa.

"Lapor ke aparat desa atau bhabinkamtibmas dulu. Agar apinya bisa dijaga tidak menyebar ke hutan," ucap Indra Mahyudin.

Sementara di Mempawah Hulu, dua titik api sempat muncul, Senin (5/8). Anggota Polsek Mempawah Hulu setiap hari memantau titik api melalui Aplikasi Lapan fire Hot Spot, kemudian didapatlah dua titik api diwilayah Hukum Polsek Mempawah Hulu.

Dari hasil pantauan tersebut kemudian di dapatlah titik koordinat 109.4609528, setelah dilakukan track melalui Google Map titik koordinat tersebut terletak di Desa Tiang Tanjung. Dengan sigap Anggota Polsek menghubungi piket Koramil Karangan dan segera berangkat menuju lokasi titik api, sesampainya dilokasi didapatlah lahan milik Iyet dan Domek warga Kampung Orek Dusun Subarakng Desa Tiang Tanjung yang terbakar dengan luasan kurang lebih satu Hektar.

Kanit Lantas Bripka Widi Suryadi membenarkan kegiatan tersebut.

"Atas perintah Kapolsek kami anggota Polsek dan Koramil Karangan bersama sama mendatangi lokasi Titik Api di Dusun Subarakng Desa Tiang Tanjung, setelah sampai dilokasi kami memadamkan sisa api yang masih menyala dan mengimbau pemilik lahan," terangnya.

Ia pung mengharapkan kepada seluruh masyarakat Mempawah Hulu untuk tidak membakar lahan untuk berladang karena melanggar undang undang. “Serta berdampak tidak baik bagi kesehatan dan lingkungan," pesan Widi. (*)









Sumber : https://www.pontianakpost.co.id/dibantu-satelit-titik-api-cepat-terdeteksi








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL