Kompetensi Utama

Layanan


Semangat Peningkatan Tata Kelola Arsip BPAA LAPAN Pasuruan
Penulis Berita : Humas/RF • Fotografer : Humas/RF • 07 Aug 2019 • Dibaca : 73 x ,

Pengawasan kearsipan internal LAPAN di BPAA LAPAN Pasuruan yang berlangsung pada tanggal 7-9 Agustus 2019 diakhiri dengan acara pembacaan Risalah Hasil Audit Pengawasan Internal Sementara (RHAS) oleh tim audit arsip yang diketuai oleh Kepala Bagian Arsip LAPAN, Nur Kelana Rosdiani, “Hal ini disebut sementara karena hasil audit internal ini akan menjadi pertimbangan untuk nilai balai yang akan mempengaruhi penilaian lembaga oleh ANRI”. ” Dalam acara tersebut disampaikan juga Nilai untuk tata kelola arsip di BPAA LAPAN Pasuruan sudah ada perbaikan dari tahun sebelumnya,” imbuhnya.

Hasil audit arsip tersebut disambut dengan baik oleh Kepala BPAA LAPAN Pasuruan, Dian Yudha Risdianto “Potret dari RHAS BPAA LAPAN Pasuruan yang baik dipertahankan dan ditingkatkan, yang kurang dilakukan perbaikan,” tandasnya. Setelah audit ini, balai harus melakukan perbaikan dengan segera, agar tata kelola arsip semakin baik lagi.

Selain pengawasan kearsipan internal, tim audit arsip juga melakukan sosialisasi kepada seluruh pegawai BPAA LAPAN Pasuruan. Peran arsip milik negara yang vital pada lembaga disampaikan oleh Arsiparis Utama, Ignatius Loyola Arisdiyo "Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh dalam hal ini BPAA LAPAN Pasuruan, jadi apapun yang dihasilkan oleh balai adalah milik negara,"jelasnya.

Sosialisasi hasil kesepakatan Rapat Koordinasi (Rakor) kearsipan 2019 juga menjadi paparan, lima hal yang disampaikan oleh Ignatius adalah :
1. Arsip hasil litbang adalah arsip lembaga, bukan milik pribadi yang wajib dikelola LAPAN;
2. Central File dan Record Center agar ditetapkan di tiap satuan kerja LAPAN dan arsip agar dikelola oleh pegawai dengan keahlian arsip;
3. Pengawasan kearsipan, arsip eksternal 2021 dititikberatkan pada pertanggungjawaban arsip yang mengacu pada DIPA masing-masing satuan kerja;
4. Nilai pengawasan Kearsipan eksternal ke depannya merupakan total penilaian dari 60% hasil pengawasan kearsipan eksternal 40% nilai pengawasan kearsipan internal;
5. Komitmen dan konsistensi bersama seluruh satuan kerja dalam membangun dan memberdayakan central file dan penggunaan e-takah mulai tanggal 1 Agustus 2019.

Hasil kesepakatan Rakor kearsipan 2019 diharapkan menjadi semangat seluruh satuan kerja agar bisa meningkatkan tata kelola pada tiap-tiap satuan kerja LAPAN.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL