Kompetensi Utama

Layanan


Kalbar Dikepung Asap Karhutla, BMKG: Ada 1.124 Titik Panas di 14 Kabupaten Kota
Penulis : Antara • Media : inews.id • 12 Aug 2019 • Dibaca : 350 x ,

PONTIANAK, iNews.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Supadio Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat menyatakan, saat ini terpantau terdapat 1.124 hotspot atau titik panas yang tersebar di 14 kabupaten/kota.

Kepala Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak Erika Mardiyanti mengatakan, pendeteksian titik panas ini berdasarkan pengolahan data Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) periode 11 hingga 12 Agustus 2019.

Berdasarkan data LAPAN, hotspot terbanyak terdapat di Kabupaten Sanggau mencapai 308 titik panas, disusul Kapuas Hulu 171 titik dan Ketapang 144 titik panas. Selanjutnya Kabupaten Landak 104 titik panas, Kubu Raya 90 titik, Sintang 84 titik, Mempawah 65 titik, Bengkayang 62 titik, Sambas 26 titik, Melawi 29 titik, Sekadau 19 titik, Kayong Utara 15 titik, Kota Pontianak enam titik dan Singkawang satu titik panas.

Sementara itu di tempat terpisah, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengungkapkan, pemerintah daerah berencana akan memundurkan jam sekolah tanpa meliburkan aktivitas belajar mengajar akibat dampak kabut asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Kami akan memantau terus perkembangan kondisi udara. Sebab kondisi asap masih belum stabil antara pagi, siang dan malam," katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya akan melihat dulu. Jika seandainya pagi hari kondisi asap sangat pekat, mungkin jam sekolah akan dimundurkan tanpa meliburkan siswa sehingga aktivitas belajar mengajar tetap berjalan.

"Harapan kami, mudah-mudahan tidak berdampak pada aktivitas pendidikan karena sangat merugikan semuanya," ujar Rusdi.

Menurutnya, sebagian besar kabut asap yang menyelimuti udara berasal dari daerah sekitar atau luar wilayah Kota Pontianak. Pantauan BPBD Kota Pontianak menyebutkan, kebakaran lahan di Kota Pontianak hanya terjadi di beberapa titik dan tidak besar.

"Kebakaran lahan yang terjadi itu pun sudah dilakukan pemadaman. Sebagian besar asap ini kiriman dari daerah lain. Harapan kami tidak ada kebakaran lahan lagi," tuturnya.





Sumber : https://www.inews.id/daerah/regional/kalbar-dikepung-asap-karhutla-bmkg-ada-1124-titik-panas-di-14-kabupaten-kota








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL