Kompetensi Utama

Layanan


Percepat Kegiatan SDG Center, Unhas dan LAPAN Teken Kerjasama MoU
Penulis : Salmia • Media : terkini.id • 13 Aug 2019 • Dibaca : 2367 x ,

Terkini.id, Makassar – Sustainable Development Goals (SDG) Center Universitas Hasanuddin (Unhas) melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) di Hotel Swiss Bellin Makassar, Selasa, 13 Agustus 2019.

Penandatangan perjanjian kerjasama ini diwakili oleh Muhammad Restu selaku Wakil Rektor (WR 1) Unhas dan Orbita Roswintiarti selaku Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN.

Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN, Orbita Roswintiarti mengatakan tujuan kerjasama tersebut agar dapat mempercepat pelaksanaan kegiatan SDG khususnya yang dikelola oleh Unhas.

“Implementasi yang ingin dilaksanakan bersama Unhas, yakni bagaimana LAPAN melalui penyediaan data penginderaan jauh, melalui research dan aplikasi dari data-data penginderaan jauh dapat mempercepat pelaksanaan kegiatan SDG khususnya yang dikelola oleh Unhas,” ujarnya.

Selain perjajian kerjasama, LAPAN dan Unhas juga menandatangani perpanjangan naskah kesepahaman yang berakhir di tahun ini.

“Kerjasama LAPAN dan Unhas sudah cukup lama terjalin, MoU ini kita perpanjang, karena sudah selesai dan berakhir tahun ini. Untuk penandatangan tadi dilengkapi dengan perjanjian kerjasama yang lebih detail, jadi diturunkan dari kesepahaman ke perjanjian kerjasama,” ucap Ilham Alimuddin, Departemen Teknik Geologi Unhas pada pertemuan para ahli stasiun bumi di Asia Tenggara.

Lebih jauh, Ilham memaparkan bahwa untuk mensupport hal itu, harus didukung oleh data-data. Salah satu data yang dibutuhkan adalah data spasial yang sumbernya berasal dari LAPAN.

“LAPAN ini akan mensuplai kita, lewat SDG senter terkait data biospasial,” ucapnya.

Kepala Bidang Program dan Fasilitas, Ayom Widipaminto turut menyampaikan harapan terkait kerjasama LAPAN dan Unhas.

“Menurut para ahli bahwa dengan data citra satelit besar kontribusinya untuk mencapai target-target SDG. Untuk itu, Deputi Penginderaan Jauh memprioritaskan untuk mensupport SDG Center untuk melakukan percepatan pencapaian dari target yang sudah dilayangkan rencana aksi nasional maupun aksi daerah,” ungkapnya.

Sumber : https://makassar.terkini.id/percepat-kegiatan-sdg-center-unhas-dan-lapan-teken-kerjasama-mou/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL