Kompetensi Utama

Layanan


Unhas dan LAPAN Kerjasama Dukung Pencapaian Pembangunan Berkelanjutan
Penulis : Redaksi • Media : fajarpendidikan.co.id • 14 Aug 2019 • Dibaca : 966 x ,

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menggandeng Universitas Hasanuddin (Unhas) untuk bekerjasama. LAPAN adalah lembaga pemerintah non kementerian yang melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan kedirgantaraan dan pemanfaatannya serta penyelenggaraan keantariksaan. Tugas dan fungsi itu akan lebih mudah tercapai jika dilaksanakan secara bersama dengan insititusi perguruan tinggi yang memiliki komitmen, mempunyai kompetensi dan sumber daya handal terkait keantariksaan dan kedirgantaraan seperti Unhas.

Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah, Ph.D menjelaskan bahwa kerja sama ini berangkat dari pemikiran bahwa teknologi penerbangan dan antariksa mengalami perkembangan pesat sehingga dirasa perlu dimanfaatkan secara optimal.

“Hal ini dimaksudkan untuk mendukung proses pembangunan yang berkelanjutan, berwawasan lingkungan, dan bermanfaat bagi kemaslahatan bangsa dan negara, LAPAN dan Unhas kembali melanjutkan kerjasama yang telah dimulai lima tahun lalu,” kata Suharman.

Acara Pendantanganan Naskah Kesepahaman dilaksanakan di sela-sela kegiatan 7th ASEAN Remote Sensing Ground Station Experts Exchange Workshop tanggal 13 Agustus 2019 di Swissbel Hotel Losari Makassar. Naskah Kesepaham bertajuk Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan serta Pengabdian Masyarakat di Bidang Sains dan Teknologi Penerbangan dan Antariksa ini ditandantangani oleh Kepala LAPAN Prof Dr Thomas Jamaluddin dan Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA. Naskah Kesepahaman berisi 11 rencana kegiatan itu berlaku hingga 2024.

Selain Naskah Kesepahaman, LAPAN dan Unhas juga melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) sebagai tindaklanjut Naskah Kesepahaman sebelumnya. PKS yang berjudul Pemanfaatan Data dan Informasi Penginderaan Jauh untuk Mendukung Pelaksanaan Percepatan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan didasari oleh keinginan untuk berkomitmen bersama untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) di Indonesia. PKS ini ditandatangani oleh Dr. Orbita Roswintarti, MSc., selaku Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN dan Prof Dr Ir Muh Restu, MP., Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas.

LAPAN memberikan kepercayaan kepada Unhas untuk melaksanakan berbagai kegitan untuk mendukung TPB karena Unhas telah memiliki SDGs Center. Unhas SDGs Center akan menjadi mitra pemerintah pusat dan daerah serta pemangku kepentingan lainnya dalam melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan TPB.

Pada kesempatan tersebut, Prof Restu mewakili Unhas menyampaikan terima kasih atas kepercayaan LAPAN untuk kembali melanjutkan kerjasama dan bahkan memperluas cakupan kerjasama.

“Ini adalah bentuk kepercayaan yang harus dijaga dan dilaksanakan secara konsisten, selain sebagai dukungan untuk kepentingan Unhas dan LAPAN juga untuk kemaslahatan masyarakat Indonesia. Dilihat dari aspek TPB, ini merupakan kontribusi yang sangat berarti dalam mencapai target TPB kuhsusnya yang terkait pada bidang peninderaan jauh,” kata Prof Restu.

Terkait kerjasama tersebut, Unhas SDGs Center telah menyiapkan berbagai kegiatan tindaklanjut untuk mengawal dan memantau pelaksanaan TPB ini secara terukur dan beriorientasi akademik. SDGs Center ini secara aktif membangun jaringan dan mengembangkan kapasitas dan kapabilitas secara kelembagaan untuk mendukung TPB secara sistematis dan partisipatif.(FP/*)



Sumber : http://www.fajarpendidikan.co.id/unhas-dan-lapan-kerjasama-dukung-pencapaian-pembangunan-berkelanjutan/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL