Kompetensi Utama

Layanan


Peserta Komurindo Kombat 2019 Ikuti Persiapan Kompetisi
Penulis Berita : Humas/And • Fotografer : Humas/USY • 23 Aug 2019 • Dibaca : 317 x ,

Jumat (23/08), berlangsung persiapan tahapan Kompetisi Muatan Roket dan Roket Indonesia (Komurindo) ke-11 dan Kompetisi Muatan Balon Atmosfer (Kombat) ke-5. Tahapan ini diisi dengan registrasi peserta di Kantor LAPAN Bandung. Selanjutnya, seluruh peserta diakomodir keberangkatannya menuju lokasi kompetisi yang terletak di Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Garut.

Komurindo Kombat 2019 merupakan ajang kompetisi bergengsi mahasiswa se-Indonesia yang diselenggarakan LAPAN, sebagai salah satu upaya menumbuhkembangkan kecintaan dan minat generasi muda terhadap teknologi penerbangan dan antariksa.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang diselenggarakan setiap tahun, mulai periode kali ini, LAPAN melaksanakan setiap dua tahun. Kategori perlombaan masih terbagi tiga, yaitu Muatan Roket dengan tema Pemantauan Grafis Sikap Luncur Roket Uji Muatan dalam Visualisasi Odometri Tiga Dimensi (3D odometry graphics visualization), Wahana Sistem Kendali dengan tema Perancangan wahana dengan propulsi EDF (Electric Ducted Fan) dan sistem kendali untuk mencapai sasaran secara horizontal, serta Muatan Balon Atmosfer dengan tema KOMBAT Rawinsonda for Tropopause Observation.

Sebagai informasi, pada tahun 2018 telah dilakukan seleksi tahap I (proposal) yang meloloskan Tim Muatan Roket (30), Wahana Sistem Kendali (32), dan Muatan Balon Atmosfer (30). Selanjutnya seleksi Tahap II yang diakhiri dengan workshop telah menyeleksi Tim Muatan Roket (20), Wahana Sistem Kendali (25), dan Muatan Balon Atmosfer (24). Dibanding dengan tahun 2017, terdapat peningkatan jumlah peserta untuk kategori Muatan Balon Atmosfer yang semula 16 Tim menjadi 24 Tim. Hasil seleksi tahap kedua ini yang selanjutnya akan dilanjutkan pada tahap uji fungsi dan uji terbang esok hari.

Setiba di lokasi tahapan kompetisi, seluruh peserta menyimak paparan panitia dalam kegiatan technical meeting. Kegiatan ini untuk memandu peserta agar bisa mengikuti proses lomba sesuai mekanisme yang ditentukan oleh Tim Jumat (23/08), berlangsung persiapan tahapan Kompetisi Muatan Roket dan Roket Indonesia (Komurindo) ke-11 dan Kompetisi Muatan Balon Atmosfer (Kombat) ke-5. Tahapan ini diisi dengan registrasi peserta di Kantor LAPAN Bandung. Selanjutnya, seluruh peserta diakomodir keberangkatannya menuju lokasi kompetisi yang terletak di Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Garut. 

Tim Juri yang terlibat dalam penilaian tidak hanya dari LAPAN saja, namun juga dihadirkan Juri Tamu. Adapun Tim Juri LAPAN untuk kategori muatan roket yaitu Herma Yudhi Irwanto, M. Eng., Dr. Effendi Dodi Arisandi, dan Drs. Ari Sugeng Budiyanta, M. Eng. Sedangkan untuk Kategori Wahana Sistem Kendali yaitu Dr. Arif Nur Hakim, Ing. Anita Pascawati, ST., dan Ahmad Riyadl, ST. Komurindo tahun ini menghadirkan Juri Tamu Dr. Ir. Indrawanto dari ITB. Juri Kategori Kombat kali ini adalah Dr. Didi Satiadi, Dr. Laras Tursilowati, dan Dr. Asif Awaludin, MT. Lalu untuk Juri Tamunya yaitu Dr. Ir. Endra Pitowarno dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).. Acara ini dipandu oleh Kepala Bagian Humas, selaku Wakil Ketua Panitia, Ir. Jasyanto, MM.



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL