Kompetensi Utama

Layanan


Uji Terbang Akhiri Puncak Acara Komurindo-Kombat 2019
Penulis Berita : Humas/EN • Fotografer : Humas/Itto • 25 Aug 2019 • Dibaca : 469 x ,

Proses peluncuran muatan roket yang menjadi momentum terakhir dari Puncak Acara Komurindo - Kombat 2019

Puncak acara Komurindo – Kombat 2019 akhirnya diselenggarakan dengan sukses di Landasan Udara TNI AU Cikelet, Garut, Jawa Barat, Minggu (25/08). Kegiatan dimulai dengan peluncuran muatan balon dari 24 Tim yang lolos untuk diujiterbangkan. Dua balon atmosfer dipersiapkan LAPAN untuk membawa muatan peserta tersebut, dengan interval waktu peluncuran kurang lebih 30 menit.

Seremonial acara Komurindo – Kombat 2019 dibuka secara resmi oleh Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin. Hadir dalam kegiatan tersebut, para pejabat eselon 1 LAPAN, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Garut, Budi Gangan Gumilar, Wakil Ketua DPRD Garut, serta perwakilan Lanud TNI AU Cikelet, aparat kepolisian setempat, pelajar sekolah di wilayah Garut, dan masyarakat setempat.

Acara diawali laporan Kepala Biro Kerja Sama, Hubungan Masyarakat, dan Umum, selaku Ketua Panitia, Christianus R. Dewanto, ia mengatakan kegiatan-Komurindo Kombat 2019 ini merupakan kompetisi yang ke-11 sedangkan Kombat ke-5. Peserta telah melakukan serangkaian seleksi yang diawali dengan pengajuan proposal, seleksi Tahap I dan II yang diakhiri workshop. Workshop itu sendiri telah dilaksanakan pada tanggal 24 agustus 2018. 

Pada tahun ini, kegiatan kompetisi dilakukan untuk melakukan tahapan uji fungsi dan uji terbang. Uji Fungsi dilakukan untuk pengukuran dimensi, uji lingkungan (Shock dan G Force), Uji GCS (uji tampilan data di monitor), serta uji telemetri. Masih sama dengan periode sebelumnya, ada tiga kategori yang diperlombakan pada saat ini, yaitu Muatan Roket, Wahana Sistem Kendali, dan Muatan Balon Atmosfer. 

Chris mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk menumbuhkembangkan generasi muda, dengan harapan, kompetisi menjadi modal dasar kemajuan bangsa. Sementara Kepala LAPAN menjelaskan, acara diselenggarakan atas dukungan kerja sama Kemenristekdikti dan Pemkab Garut. Kegiatan tersebut termasuk rangkaian agenda besar dari peringatan Hari Keantariksaan yang jatuh pada tanggal 06 Agustus, Hari Ulang Tahun ke-56 LAPAN, dan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-24. 

Mewakili Bupati Garut, Budi Gangan berharap Komurindo – Kombat menjadi event yang konsisten dan diharapkan bisa mendunia. Ia berharap, Komurindo-Kombat menjadi Triger wilayah Selatan dan dapat dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi wilayah selatan. “Lomba tidak harus dinikmati oleh perguruan tinggi saja, namun ilmu pengetahuan bisa ditularkan pelajar sekolah dasar, pertama, dan menengah, serta masyarakat umum. 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL