Kompetensi Utama

Layanan


Peserta Dilatih Memahami Konsep Teknologi Antariksa
Penulis : Redaksi • Media : Radartasikmalaya.com • 26 Aug 2019 • Dibaca : 799 x ,

CIKELET – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengadakan Kompetisi Muatan Roket dan Roket Indonesia (Komurindo) ke-11 dan Kompetisi Muatan Balon Atmosfer (Kombat) ke-5. Kegiatan yang diikuti ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia ini diadakan di Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer di Pantai Karangpapak Kecamatan Cikelet Minggu (25/8).

Kepala Lapan Thomas Djamaluddin menuturkan kegiatan itu diikuti 69 tim dari berbagai universitas. Terdiri dari muatan roket sebanyak 20 tim, wahana sistem kendali 25 tim dan muatan balon atmosfer 24 tim.

Dalam mengikuti kompetisi, para peserta harus mengikuti beberapa seleksi sebelum mengikuti uji fungsi dan uji terbang di Lapan. Untuk kategori muatan roket, kata dia, para peserta harus bisa meluncurkan roketnya sejauh satu kilometer, sedangkan balon sejauh 10 kilometer. “Nantinya sensor yang ada di setiap roket harus tahan terhadap getaran,” katanya Minggu (25/8).

Dia menerangkan kompetisi sengaja diadakan untuk melatih para peserta memahami konsep-konsep teknologi antariksa untuk pengambilan data di atmosfer, seperti mirip memanfaatkan satelit. Ia berharap, dengan kompetisi itu semakin bisa mengembangkan dunia antariksa nasional. (yna)





Sumber: https://www.radartasikmalaya.com/peserta-dilatih-memahami-konsep-teknologi-antariksa/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL