Kompetensi Utama

Layanan


Penerbangan Balon Atmosfer Pertama Tandai Dimulainya Uji Terbang Komurindo – Kombat 2019
Penulis Berita : Humas/And • Fotografer : Humas/Itto • 25 Aug 2019 • Dibaca : 169 x ,

Momentum saat Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin melepas secara simbolik penerbangan balon pertama yang membawa muatan peserta Kombat

Minggu (25/08), Momentum Tahapan Uji Terbang berlangsung dengan dimulainya penerbangan Balon Atmosfer yang pertama sekira Pukul 06.00 WIB di Landasan Udara Pameungpeuk, Cikelet, Garut, Jawa Barat. Seluruh panitia dan peserta telah mempersiapkan kebutuhan teknis sejak sebelumnya mulai pukul 04.00 WIB.

Balon pertama tersebut membawa 12 payload (muatan) milik peserta dan 1 buah milik panitia sebagai data pembanding. Tujuannya untuk membandingkan data yang diperoleh peserta dengan data standar yang diperoleh panitia. Muatan yang membawa sensor itu untuk merekam dinamika atmosfer baik itu tekanan (pressure), kelembaban (humidity), dan temperatur. Sementara balon kedua meluncur sekira 30 menit kemudian. 

Bersamaan dengan uji terbang muatan balon, di lokasi yang bersebelahan berlangsung persiapan uji terbang untuk kategori Wahana Sistem Kendali. Namun, persiapan kali ini cukup sulit karena kondisi alam, bahwa kecepatan angin yang cukup tinggi sehingga sedikitnya berpengaruhi kelancaran proses pelaksanaan uji terbang. Hal ini menjadi tantangan peserta di dalam menyusun strategi peluncuran, untuk merancang bangun roket sebagai media terbang yang kuat dari berbagai tekanan.

Uji terbang untuk kategori Muatan Roket dilaksanakan setelah seremoni pembukaan acara puncak Komurindo – Kombat 2019. Lokasinya sedikit menjauh dari dua kategori lainnya, yaitu berdekatan dengan pantai dengan tujuan arah terbang ke laut. Hal tersebut menjadi pertimbangan keamanan lokasi agar tidak mengenai manusia atau sasaran yang tidak diinginkan sehingga menimbulkan korban.

Saat ditemui ketika persiapan uji terbang pertama, Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin berharap, pelaksanaan periode kali ini bisa membawa hasil yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Menurutnya, sudah menjadi tugas LAPAN untuk memancing generasi muda mengolah bakat dan kemampuannya di dalam melahirkan suatu produk bangsa yang bermanfaat untuk memajukan Indonesia. Sebab, generasi muda menjadi bagian dari kontribusi bangsa ini di dalam mewujudkan impian bersama dalam memajukan dunia iptek penerbangan dan antariksa, khususnya. 


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL