Kompetensi Utama

Layanan


Wakil Presiden Jusuf Kalla Kunjungi Gerai Pameran LAPAN di Ritech Expo
Penulis Berita : Humas/TW • Fotografer : Humas/RF • 29 Aug 2019 • Dibaca : 759 x ,

Kabag Humas LAPAN, Jasyanto (memegang mic) menjelaskan mengenai hasil litbang LAPAN kepada Wapres RI, Jusuf Kalla

Wakil Presiden RI, Muhammad Jusuf Kalla membuka Pameran Ritech Expo sebagai salah satu rangkaian kegiatan memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) Ke - 24. Dengan mengambil tema ”Inovasi Bangun Bangsa” dan Sub Tema “Iptek dan Inovasi Dalam Industri Kreatif 4.0 untuk Kemandirian dan Daya Saing Bangsa”, agenda pergelaran hasil karya inovasi anak bangsa ini diikuti oleh seluruh pemangku kepentingan seperti Balitbang Pemerintah, Balitbang Daerah, BUMN, BUMD, UMKM, dan Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta. Acara ini berlangsung di lapangan Puputan Renon Bali (28/8).

Dalam sambutannya dihadapan Gubernur, para pejabat daerah, dan seluruh tamu undangan peserta Ritech Expo, Jusuf Kalla menyampaikan, “Setiap kemajuan pasti didasarkan pada ilmu pengetahuan dan teknologi. Suatu hal dapat disebut inovasi jika mampu meningkatkan nilai tambah. Yang dapat memberikan nilai lebih baik dari sebelumnya, atau efisiensi lebih dari sebelumnya, atau lebih murah dari sebelumnya, atau lebih cepat dari sebelumnya, atau lebih besar produksinya. Itulah inovasi,” tegasnya. Inovasi merupakan hal utama yang membuat suatu daerah maju, karena itu ia mengaku senang dengan adanya kegiatan yang mendorong masyarakat untuk terus berinovasi.

Dalam sambutan berikutnya Menristekdikti, Prof. Dr. Mohammad Nasir menyampaikan, “Hakikat peringatan Hakteknas adalah menghargai upaya dan kreativitas bangsa dalam menguasai, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, juga inovasi sebagai penggerak pembangunan nasional” ujarnya.

Dalam sesi kunjungan ke Ritech Expo, saat mengunjungi gerai pameran LAPAN, Wapres Jusuf Kalla menanyakan mengenai apa saja yang ditampilkan oleh LAPAN dalam pameran kali ini. Sejurus kemudian dengan sigap Kabag Humas LAPAN, Jasyanto menjelaskan sejumlah materi yang ditampilkan oleh LAPAN yaitu Aplikasi Sistem Embaran Maritim (SEMAR), Sistem Pemantauan Bumi Nasional Berbasis Android (SIPANDORA), Sistem Penyajian Data Penginderaan Jauh yang Cepat, Mudah, Aman dan Populer (SPACeMAP), Informasi Hot Spot Early Warning System (LAPAN:Fire Hotspot), Mockup Satelit LAPAN-A3/LAPAN-IPB, Mini Planetarium yang mengedukasi mengani benda antariksa serta menjadi idola dengan tingkat kunjungan 1200 orang selama pameran Ritech Expo ini, Pesawat LSU-02 NGLD, Miniatur Pesawat N219, Bimtek Komunikasi Radio Amatir Via Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI (IO-86), dan tak ketinggalan gelaran kuis interaktif dan edukatif seputar LAPAN.

Kegiatan pameran Ritech Expo di Renon Bali ini telah berlangsung sejak hari Minggu, 25 Agustus dan puncaknya pada tanggal 28 Agustus 2019. Selama empat hari penyelenggaraan pameran, gerai pameran LAPAN banyak dikunjungi oleh para pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum. Mereka sangat antusias dengan materi yang dipertunjukkan oleh LAPAN, terutama mini planetarium, bimtek komunikasi radio via satelit, dan kuis interaktif LAPAN. Gerai pameran LAPAN meraih Juara II Kategori Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK). Masyarakat Bali berharap kegiatan pameran serta edukasi teknologi seperti ini dapat lebih sering dilaksanakan di pulau dewata.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL