Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Siap Suksekan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dengan Teknologi Keantariksaan
Penulis Berita : Humas/RBA • Fotografer : Humas/CRD • 29 Aug 2019 • Dibaca : 424 x ,

LAPAN ikut sebagai panelis dalam sidang Intergovernmental Consultative Committee (ICC) ke-23 dalam Regional Space Applications Programme for Sustainable Development (RESAP) yang diwakilkan oleh Dr. Orbita Roswintiarti selaku Deputi Bidang Penginderaan Jauh dan Christianus R. Dewanto selaku Kepala Biro Kerja Sama, Humas, dan Umum. Acara ini diadakan di Pusat Konferensi PBB (UNCC) , Bangkok, Thailand, 27-29 Agustus 2019, sebagai bagian dari Pekan Ketahanan Bencana (Disaster Resilience Week) ESCAP yang berlangsung dari 26-30 Agustus 2019.

Dalam sesi ini anggota ICC akan melakukan diskusi mendalam tentang implementasi Rencana Aksi Asia-Pasifik untuk Aplikasi Ruang untuk Pembangunan Berkelanjutan (2018-2030), yang disahkan oleh negara-negara anggota ESCAP saat sidang UNESCAP ke-75 yang telah dilaksanakan pada tanggal 31 Mei 2019 melalui resolusi berjudul “Implementation of the Ministerial Declaration on Space Applications for Sustainable Development in Asia and the Pacific and the Asia-Pacific Plan of Action on Space Applications for Sustainable Development (2018–2030)”.

Selain itu, anggota ICC meninjau dan mengidentifikasi prioritas dalam kebutuhan dan kontribusi untuk tiga Area Aksi dari Rencana Aksi (Action Areas of the Plan of Action) berdasarkan enam area tematik dari Rencana Aksi. Pertemuan ini juga membahas kemajuan dan pencapaian anggota RESAP dalam mendukung implementasi Rencana Aksi dan membahas tantangan yang muncul dan prioritas regional untuk berhasil mengimplementasikan agenda pembangunan 2030.

Pada sidang ICC ke-23 juga diadakan sesi bersama dengan Komite Pengurangan Risiko Bencana (CDRR) ke-6 yang diadakan dari 28 sampai 30 Agustus 2019. Sebagai bagian dari Komisi Ekonomi dan Sosial untuk Asia dan Pasifik (UNESCAP), Komite Pengurangan Risiko Bencana adalah forum legislatif antar pemerintah tentang pengurangan risiko bencana. Komite tersebut ditugasi menangani Opsi kebijakan dan strategi pengurangan risiko bencana multi-mitigasi dan mitigasi, Mekanisme kerja sama regional untuk manajemen risiko bencana, termasuk ruang dan sistem pendukung teknis lainnya, dan Penilaian multi-bahaya, kesiapsiagaan, peringatan dini dan respons terhadap risiko bencana.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL