Kompetensi Utama

Layanan


Sudah Tersedia, Pemetaan Daerah Penangkapan Ikan dengan Penginderaan Jauh
Penulis : Yusuf Tirtayasa • Media : Akurat.co • 01 Sep 2019 • Dibaca : 371 x ,

AKURAT.CO Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menandatangani perjanjian kerja sama dengan Balai Riset dan Observasi Laut (BROL). Kerjasama ini terkait pemetaan daerah penangkapan ikan di perairan Indonesia dengan dukungan data penginderaan jauh.

Penandatanganan perjanjian kerja sama diwakili oleh Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) LAPAN, Dedi Irawadi dan Kepala BROL, I Nyoman Radiarta.

Ruang lingkup dari kerja sama meliputi penyediaan dan pemanfaatan data penginderaan jauh resolusi rendah, pengembangan prototipe pemetaan daerah penangkapan ikan di perairan Indonesia dengan dukungan data penginderaan jauh, diseminasi, peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan peran tenaga ahli, serta penggunaan sarana dan prasarana.

"Inovasi riset maupun teknologi yang dihasilkan oleh kegiatan kerja sama ini muaranya untuk kepentingan masyarakat, nelayan, pembudidaya dan pengolah ikan Indonesia," ujar Dedi dilansir dari laman resmi LAPAN, Jumat (30/8).

Jalinan kerja sama ini menurutnya merupakan salah satu upaya untuk memberikan kontribusi nyata atas upaya peningkatan kesejahteraan nelayan Indonesia, terutama untuk mendorong transformasi budaya maritim.

"Diharapkan, dengan adanya kerja sama ini menjadi langkah nyata LAPAN dan BROL untuk berkontribusi pada negeri terkait penyediaan data dan informasi kelautan dan perikanan sebagai salah satu bukti nyata perwujudan negara hadir untuk rakyat," pungkasnya.









Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL