Kompetensi Utama

Layanan


Kunjungan Jokowi Dikepung Jerubu
Penulis : Muhammad Subarkah • Media : Republika.co.id • 06 Sep 2019 • Dibaca : 1227 x ,

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKARAYA -- Ancaman kabut asap atau jerubu akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) belum usai. Kota Palangkaraya kembali diselimuti kabut asap dalam beberapa hari terakhir. Karena kabut asap yang terlalu tebal, aktivitas penerbangan di Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya pun terganggu.

Eksekutif General Manager PT Angkasa Purat II Kantor Cabang Bandara Tjilik Riwut Siswanto mengatakan, jarak pandang di area bandara di bawah normal pada Kamis (5/9) pagi. "Tadi pagi pesawat Garuda batal mendarat karena jarak pandang hanya 600 meter, padahal standar minimal 800 meter," kata Siswanto di Palangkaraya, Kamis.

Akibat kejadian itu, pesawat Garuda yang siap mendarat mengalihkan penerbangan ke Balikpapan dan baru mendarat di Bandara Tjilik Riwut sekitar pukul 10.30 WIB. Pesawat Garuda kemudian terbang menuju Jakarta sekitar pukul 11.30 WIB.

"Jadi, karena adanya kendala landing, penumpang harus menunggu di bandara selama tiga jam," kata Siswanto.

Kondisi itu dikeluhkan para penumpang yang ingin berangkat dengan tujuan Jakarta menggunakan pesawat Garuda Indonesia. "Saya ada kegiatan di Jakarta dan tidak boleh terlambat. Jadi, saya harapkan pesawat bisa segera mendarat dan kemudian langsung berangkat," ujar Rachmat.

Penumpang lainnya, Yulianto, berharap permasalahan kabut asap bisa segera ditangani. "Kejadian ini sangat merugikan," kata dia.

Kota Palangkaraya kembali diselimuti kabut asap karena selama dua pekan terakhir hujan tak turun. Kabut asap muncul akibat maraknya kebakaran lahan di wilayah ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah itu.

Di Kalimantan Barat (Kalbar), Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio-Pontianak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, sebanyak 935 titik panas kembali terpantau di sejumlah kabupaten/kota. Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio-Pontianak Erika Mardiyanti menjelaskan, menurut hasil pengolahan data citra satelit Lapan mulai 4 September 2019 pukul 07.00 WIB hingga 5 September 2019 pukul 07.00 WIB, sebanyak 935 titik panas itu paling banyak berada di Kabupaten Ketapang, yakni sebanyak 452 titik panas atau meningkat dari sebelumnya sebanyak 433 titik panas.

Titik panas terbanyak selanjutnya berada di Kabupaten Sanggau dengan jumlah 119 titik panas, Sintang 117 titik panas, Sekadau 60 titik panas, Kapuas Hulu 46 titik panas, dan Kayong Utara 41 titik panas. Sementara, di Kota Pontianak dan Singkawang tidak ditemukan titik panas.

Ia menambahkan, berdasarkan analisis parameter cuaca, sebagian besar wilayah Kalbar rawan terjadi karhutla dalam sepekan ke depan. Erika mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas yang sifatnya membakar karena bisa berdampak meluas hingga terjadinya kebakaran hutan dan lahan. "Ini karena cuaca yang panas dan kering," ujar dia.

Kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Pontianak, Kalbar. Jokowi dalam kesempatan itu meminta Pemerintah Provinsi Kalbar untuk menangani bencana asap dan memastikan kebakaran tidak meluas.

Berdasarkan data Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Kalbar menyumbang separuh dari seluruh titik panas yang terdeteksi di Indonesia. Ada sekitar 2.429 titik panas di Kalbar dari total 4.847 titik panas di Indonesia (data per Kamis sore).

"Tadi saya sudah sampaikan ke Pak Gubernur bahwa jangan sampai kabut asap meluas karena ganggu penerbangan dan mengganggu ekonomi," kata Jokowi di Pontianak, Kamis (5/9).

Presiden menambahkan, salah satu upaya pemerintah untuk menekan jumlah kejadian kebakaran hutan dan lahan adalah dengan membagikan sertifikat pengelolaan tanah adat kepada masyarakat. Harapannya, ujar Jokowi, agar masyarakat adat ikut menjaga tanah warisan leluhur mereka dan memastikan kejadian kebakaran hutan dan lahan tidak terjadi. "Supaya mereka bisa menjaga lahannya masing-masing, supaya tidak terbakar," kata Presiden.

Jokowi menilai Pemprov Kalimantan Barat sudah cukup tegas terhadap perusahaan pemilik hak kelola lahan yang terindikasi melakukan pembakaran lahan. Dia menuturkan, sudah ada 97 perusahaan yang diberi peringatan dan 19 perusahaan yang izinnya dibekukan. Jokowi memberikan pernyataan tersebut setelah menyerahkan surat keputusan (SK) redistribusi tanah objek reforma agraria (TORA) hutan dan sertifikat hak atas tanah kepada warga Pontianak.

ISPA

Sebanyak 3.937 warga Kota Dumai, Riau, mengalami infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) akibat kualitas udara tercemar asap karhutla. Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer Dinas Kesehatan Dumai Hafidz Permana mengatakan, pendataan jumlah warga dewasa dan anak terserang sakit akibat asap berdasarkan kunjungan di semua fasilitas kesehatan atau puskesmas yang tersebar di tujuh kecamatan daerah ini selama Agustus 2019.

Pada September ini, jumlah kunjungan pasien ISPA sudah mencapai 813 orang dengan rata-rata 150 hingga 200 orang berobat guna mendapatkan pelayanan kesehatan. Untuk menghadapi bencana kabut asap, Dinkes Dumai sudah membagikan 100 ribu masker ke 10 puskesmas untuk mengantisipasi dampak lebih buruk atau makin banyak orang terganggu kesehatannya.

"Seluruh puskesmas di tujuh kecamatan sudah diarahkan segera menyebar masker karena kita lihat udara diselimuti asap dan bisa membahayakan kesehatan," katanya.

Kualitas udara Kota Dumai dalam sebulan terakhir terus dicemari kabut asap atau jerubu sisa pembakaran lahan, terutama di kawasan pinggir dan rawan, seperti di Kecamatan Bukit Kapur dan Medang Kampai, sedang di perkotaan tampak tipis. Dinkes juga merekomendasikan Dinas Pendidikan setempat agar sekolah menyesuaikan proses belajar mengajar anak didik dan tidak terpapar asap.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Dumai Afrilagan menjelaskan, berdasarkan data BMKG, ada 60 titik panas di Riau.Tim satgas darat karhutla, kata dia, turun ke dua lokasi, yaitu di Kelurahan Gurun Panjang perbatasan Teluk Makmur dan Bukit Timah di Jalan Santri untuk melakukan pemadaman lahan. "Kondisi di lapangan api nihil, tapi titik asap menyebar," kata Afrilagan.







Sumber: https://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/19/09/06/pxdsy8385-kunjungan-jokowi-dikepung-jerubu








Related Posts
Strategi Pemerintah Cegah Karhutla 2020
07 Nov 2019
Jakarta: Pemerintah akan membuat terobosan untuk menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada 2020. Ini sebagai strategi menekan karhutla yang terus berulang setiap tahun. "Pada 2020 pemerintah akan menerapkan strategipencegahan…
Membuat Satu Data Pertanian
06 Nov 2019
Pemerintah terus mengusahakan kedaulatan pangan nasional, khususnya beras. Namun, masih terkendala perbedaan data pertanian lembaga negara. Salah satu langkah yang diambil pemerintah melalui kebijakan Satu Data Indonesia (SDI), termasuk data…
Angin Kencang Halangi Operasi Water Bombing Karhutla di Gunung Arjuno Welirang
22 Oct 2019
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Guncangan helikopter karena perubahan kecepatan angin dalam waktu singkat menghalangi operasi pengeboman udara karhutla di kawasan Gunung Arjuno-Welirang pada Senin (21/10/2019).Kondisi cuaca tersebut menyebabkan helikopter jenis MI-8…
Jadi Menteri Jokowi, Darmin: Gula dan Beras Paling Ruwet
19 Oct 2019
TEMPO.CO, Jakarta - Koordinasi soal terkait beras, gula, dan daging menjadi yang paling menyibukkan Darmin Nasution selama 4 tahun menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.Tiga komoditas tersebut merupakan persoalan yang paling…
Awal Mula Internet Masuk Indonesia
17 Oct 2019
Merdeka.com - Palapa Ring, jaringan tulang punggung internet telah diresmikan Presiden Jokowi belum lama ini di Istana Negara. Hadirnya jaringan serat tulang punggung internet ini menjadikan semua daerah di Indonesia…
Awal Mula Internet Masuk Indonesia
16 Oct 2019
Merdeka.com - Palapa Ring, jaringan tulang punggung internet telah diresmikan Presiden Jokowi belum lama ini di Istana Negara. Hadirnya jaringan serat tulang punggung internet ini menjadikan semua daerah di Indonesia…
Operasi TMC dan Water Bombing Semakin Intensif, BNPB: Titik Api Berkurang Hingga 90 Persen
30 Sep 2019
Trubus.id -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, sejak Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menggelar Rapat Terbatas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Riau pada 16 September 2019 lalu,…
Kata Agus Rahardjo: Rp 18,3 T Bisa Jadi Pembiaran
17 Sep 2019
Kapan Agus Rahardjo ketemuan dengan Joko Widodo? Belum ada info yang pasti. Meski demikian, revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, jalan terus. Itu ditegaskan…
Pertama Indonesia, Sosok 'Pahlawan Pesawat Terbang' Tanah Air Selain BJ Habibie
17 Sep 2019
Intisari-Online.com - Hari ini, dua tahun lalu pada 16 September 2017, pesawat N219 untuk pertama kalinya mengudara. Pesawat hasil pengembangan riset PT Dirgantara Indonesia (DI) dan Lembaga Penrbangan Antariksa Nasional…
Tak Setenar BJ Habibie, Inilah Sosok Nurtanio Sosok Pembuat Pesawat Pertama Bagi Indonesia
17 Sep 2019
BANGKAPOS.COM -- Hari ini, dua tahun lalu pada 16 September 2017, pesawat N219 untuk pertama kalinya mengudara.Pesawat hasil pengembangan riset PT Dirgantara Indonesia (DI) dan Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN)…
Bantan dan LAPAN Siap Pindah ke Ibu Kota Baru
05 Sep 2019
SUMATRASELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Jika harus pindah ke ibu kota baru Negara Indonesia di Kalimantan Timur, Badan Teknologi Nuklir Nasional (Batan) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) akan ikut arahan…
Batan dan LAPAN Tunggu Arahan Presiden Soal Pindah Ibu Kota
05 Sep 2019
JAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Badan Teknologi Nuklir Nasional (Batan) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) akan ikut arahan atau keputusan pemerintah jika harus pindah ke ibu kota baru Negara Indonesia di Kalimantan…
Batan dan LAPAN Tunggu Putusan Pindah ke Ibu Kota Baru
05 Sep 2019
TEMPO.CO, Musi Rawas -Badan Teknologi Nuklir Nasional (Batan) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) akan mengikuti keputusan pemerintah jika harus pindah ke ibu kota baru di Kalimantan Timur."Batan ya…
Hari Ini 2 Tahun Lalu, Pesawat N219
16 Aug 2019
JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini, dua tahun lalu, tepatnya 16 Agustus 2017, pesawat N219 hasil pengembangan riset PT Dirgantara Indonesia (DI) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengudara untuk…
Kiprah Keantariksaan Indonesia di Forum Internasional
13 Aug 2019
Bandung, Gatra.com - Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Padjajaran (Unpad), Atip Latipulhayat mendorong pemerintah mendirikan lembaga dewan pengarah strategis keantariksaan Indonesia di dalam lingkup Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).…
Presiden Didorong Kembali Hidupkan Dewan Strategis Antariksa
13 Aug 2019
Bandung, Gatra.com - Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Padjajaran (Unpad), Atip Latipulhayat mendorong pemerintah mendirikan lembaga dewan pengarah strategis keantariksaan Indonesia di dalam lingkup Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).…
Kebakaran Hutan dan Kabut Asap Kembali Hantui Indonesia, Asia Tenggara Terancam
09 Aug 2019
Siap-siap, sepekan terakhir sebagian penduduk Indonesia harus mengalami sesak napas berat: musim kebakaran hutan di Sumatra dan Kalimantan telah datang. Seperti biasa, tidak hanya warga negara ini yang sengsara, tetangga…
LAPAN Identifikasi 608 Titik Panas, Terbanyak di Kalimantan
08 Aug 2019
TEMPO.CO, Jakarta - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengidentifikasi terdapat 608 titik panas atau hotspot kategori rendah, sedang, hingga tinggi di seluruh Indonesia.Menurut laman katalog modis Lapan yang diakses…
Luhut Mulai Bahas Anggaran Pesawat Nurtanio Buatan Bandung
06 Feb 2019
Jakarta - Pemerintah ingin mempercepat pengembangan pesawat dalam negeri buatan PT Dirgantara Indonesia yang berkeja sama dengan LAPAN, tepatnya Pesawat N219.Untuk itu hari ini Rabu (6/2/2019), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman,…
Upaya Recovery Pemerintah Pasca Tsunami Banten & Lampung
26 Dec 2018
Pasca musibah Tsunami Banten & Lampung yang di sebabkan Erupsi Gunung Anak Krakatau, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, jumlah korban meninggal dunia meningkat menjadi 429 orang. Jumlah itu meliputi…
Presiden Jokowi Kunjungi Stand Pameran LAPAN di ISE 2018
01 Nov 2018
“Pesatnya perkembangan dunia berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi harus mampu direspon dengan cepat oleh lembaga penelitian di Indonesia, respon inilah yang akan membawa lembaga penelitian menjadi ekosistem dalam…
Capaian 4 Tahun Pemerintahan Jokowi – JK di Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi
01 Nov 2018
Otoritasnews.co.id, Jakarta – Upaya yang dilakukan guna memasyarakatkan perkembangan riset dan inovasi karya anak bangsa…
Prestasi Jokowi-JK, Indonesia Surplus Beras 2,85 Juta Ton di 2018
23 Oct 2018
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) menyampaikan Indonesia mengalami surplus beras 2,85 juta ton selama 2018. Surplus tersebut tersebar di 14,1 juta rumah tangga produsen. Sekitar 47% stok tersebut ada…
Surplus 2,85 Juta Ton, Masyarakat Tak Perlu Takut Kekurangan Beras
23 Oct 2018
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) menyampaikan Indonesia mengalami surplus beras 2,85 juta ton selama 2018. Surplus tersebut tersebar di 14,1 juta rumah tangga produsen. Sekitar 47 persen stok tersebut…
Tahun Ini Indonesia Surplus Beras 2,85 Juta Ton, Ini Kata Pengamat...
23 Oct 2018
JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan Indonesia mengalami surplus beras 2,85 juta ton selama 2018. Surplus tersebar di beberapa sektor, seperti di 14,1 juta rumah tangga produsen dan…

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined offset: 0

Filename: content/index.php

Line Number: 189

Aero Summit 2018 Jadi Momentum Wujudkan Making Indonesia 4.0
24 Sep 2018
"Pusat inovasi saat ini mendukung lahirnya beberapa kawasan khusus industri dirgantara"
LAPAN Akan Gelar Aerosummit 2018 Keenam
29 Aug 2018
AKURAT.CO, LAPAN akan menggelar Aerosummit yang akan dilaksanakan pada 25-26 September mendatang di Hotel Kartika Chandra, Jakarta.Kegiatan ini merupakan forum untuk mencari solusi dan peta jalan dalam mengatasi masalah penerbangan…
Aerosummit 2018, LAPAN: Industri Penerbangan Indonesia Perlu Solusi
29 Aug 2018
JAKARTA (Pos Sore) — Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) pada 25-26 September akan menggelar Aerosummit 2018. Kegiatan ini untuk mencari solusi dan peta jalan dalam mengatasi masalah penerbangan dan…
Titik panas karhutla 2018 tak sebanyak 3 tahun lalu
28 Aug 2018
Kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kalimantan Barat (Kalbar) masih terjadi hingga kini. Dari insiden itu, hingga Selasa (28/8/2018) menurut lansiran Kompas.com, Polda Kalbar menetapkan 27 orang sebagai…
Tersangka karhutla bertindak sendiri, bukan instruksi korporasi
27 Aug 2018
Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Barat bergerak cepat menangani kasus kebakaran hutan dan lahan serta kebun…
Indonesian Hams Take Advantage of Satellite for Post-Earthquake Communication
13 Aug 2018
Amateur Radio volunteers in Indonesia have been taking advantage of the LAPAN-ORARI (IO-86) ham satellite…
Indonesian Hams Take Advantage of Satellite for Post-Earthquake Communication
13 Aug 2018
Amateur Radio volunteers in Indonesia have been taking advantage of the LAPAN-ORARI (IO-86) ham satellite in addition to HF on 7.110 MHz as the Lombok area recovers from two recent…
Pembangunan Obsevatorium di Gunung Timau Kabupaten Kupang, NTT
09 Jul 2018
Oelmasi-(faktahukumntt.com), Tiga keluarga (Nonot Lotsiko, Tabais, Lopkoli) menyerahkan dokumen lahan untuk pembangunan obsevatorium di Gunung Timau Kecamatan Amfoang Tengah, Kabupaten Kupang NTT (9/7/2018) yang disambut baik oleh Kepala Lembaga Penerbangan…
Ini 15 Kesepakatan Hasil Pertemuan Jokowi dan Narendra Modi
31 May 2018
Tandaseru – Pertemuan Bilateral Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (30/5) siang, telah menghasilkan 15 kesepakatan atau Memorandum of Understanding (Mou).Dari…
Jokowi-Modi saksikan pengumuman 15 MoU dua negara
30 May 2018
Pengumuman sebanyak 15 dokumen nota kesepahaman kerja sama di sejumlah bidang telah disaksikan oleh Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri India Narendra Modi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (30/5). Sejumlah…
Jokowi Diminta Letakkan Batu Pertama Observatorium NTT
04 May 2018
Kupang, CityPost - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diundang untuk melakukan peletakan batu pertama atau ground breaking pembangunan fasilitas observatorium nasional milik Lembaga Antariksa Penerbangan Nasional (LAPAN) senilai Rp 500 miliar…
President to officiate groundbreaking of Observatory facility
04 May 2018
"President Joko Widodo (Jokowi) has been invited to officiate the groundbreaking ceremony for the construction of a national observatory facility of the National Aviation Aeronautics Agency (LAPAN) in June…
Presiden Jokowi diundang peletakan batu pertama observatorium NTT
03 May 2018
Kupang (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diundang meletakkan batu pertama pembangunan fasilitas observatorium nasional milik Lembaga Antariksa Penerbangan Nasional (LAPAN) senilai Rp500 miliar di Pegunungan Timau, Kabupaten Kupang,…
Presiden Jokowi akan letakkan batu pertama Observatorium
03 May 2018
Kupang (AntaraNews NTT) - Presiden Joko Widodo direncanakan meletakkan batu pertama pembangunan observatorium milik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) di Pegunungan Timau, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Juni 2018."Peletakan…
Jokowi Kumpulkan Menteri untuk Bahas Pengendalian Kebakaran Hutan
06 Feb 2018
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan untuk pengendalian kebakaran hutan dan lahan 2018. Sejumlah menteri hingga Panglima TNI dan Kapolri hadir dalam acara ini.Rapat digelar di Istana Negara,…
Jokowi Beri Arahan di Rakornas Pengendalian Kebakaran Hutan 2018
06 Feb 2018
Presiden Joko Widodo menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan 2018 di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (6/2). Jokowi tampak didampingi Wakil Presiden HM Jusuf Kalla.Pantauan…
Ruang Angkasa, Ruang Kuasa, Ruang Surga
13 Dec 2017
Jakarta - Salah satu pernyataan paling menarik yang diucapkan Presiden Joko Widodo pada tahun 2017 ini menurut saya adalah geregetannya terhadap masyarakat Indonesia yang dikatakannya gemar berdemonstrasi, melempar fitnah-fitnah keji,…
N219 Resmi Diberi Nama Nurtanio
10 Nov 2017
Dalam pidato singkat, Presiden RI Joko Widodo menjelaskan bahwa Laksamana Muda Udara (anumerta) Nurtanio Pringgoadisuryo adalah perintis bangsa tanpa pamrih untuk kemajuan dirgantara Indonesia. Nama tersebut kemudian didedikasikan untuk…
Bangga, Putra Asal Kandangan jadi Nama Pesawat Buatan PTDI dan LAPAN
10 Nov 2017
BANJARMASIN, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi memberikan nama Nurtanio pada prototipe pesawat N219 yang merupakan produk anak bangsa. Laksama Nurtanio Pringgoadisuryo adalah sosok patriot bangsa kelahiran Kandangan, Hulu Sungai Selatan…
Ini Kata LAPAN Tentang Kemampuan Pesawat N219 Nurtanio
10 Nov 2017
INFONAWACITA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (10/11) ini meresmikan nama pesawat jenis N-219 hasil pengembangan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan PT Dirgantara Indonesia dengan nama Nurtanio. Apa…
Presiden Sanggupi Dana Rp200 Miliar Untuk Kembangkan Pesawat
10 Nov 2017
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Jokowi menyanggupi kebutuhan biaya untuk mengembangkan industri kedirgantaraan Nurtanio. Saat ini diperkirakan kebutuhan biaya industri tersebut mencapai Rp200 miliar."Kebutuhan anggaran sampai 200M? Saya kira ngga…
Pesawat N219 Kini Bernama Nurtanio
10 Nov 2017
JAKARTA, (PR).- Nurtanio menjadi nama resmi pesawat buatan dalam negeri jenis N219. Presiden Joko Widodo meresmikan pemberian nama pesawat karya LAPAN-PT DI tersebut di Lapangan Udara Halim Perdanakusumah, Jakarta, Jumat…
Pesawat Nurtanio buatan anak bangsa diharap bisa sukseskan program jembatan udara
10 Nov 2017
Merdeka.com - Presiden Joko Widodo resmi memberikan nama Nurtanio kepada purwarupa pesawat N219. Pemberian nama Nurtanio pada pesawat buatan anak bangsa ini diambil dari Laksamana Muda Udara (Anumerta) Nurtanio Pringgoadisuryo…
Nurtanio, Nama yang Diberikan Presiden untuk Pesawat Karya Anak Bangsa
10 Nov 2017
JPP, JAKARTA - Sebagai karya anak bangsa yang telah menjalani terbang perdana pada 16 Agustus 2017 lalu, kini Pesawat Model N-219 telah resmi memiliki nama.Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri yang…
Resmikan Pesawat N219 Nurtanio, Presiden: Tidak Usah Ribut, Yang Penting Kerja
10 Nov 2017
Presiden Joko Widodo meresmikan Pemberian Nama Pesawat Terbang N219 di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (10/11) pagi.Pesawat bermesin dua dan berkapasitas 19 penumpang ini diberi nama Nurtanio…
Presiden Jokowi Resmikan Pesawat N219 dengan Nama Nurtanio
10 Nov 2017
Presiden Joko Widodo meresmikan Pesawat N219 dengan nama Nurtanio di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (10/11/2017). N219 adalah pesawat buatan lokal, kolaborasi antara PT Dirgantara Indonesia (DI) bekerja sama…
Sah! Jokowi Namai Pesawat N219 Nurtanio
10 Nov 2017
JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara sah menamai pesawat N219 buatan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) bersama PT Dirgantara Indonesia (PT DI). Dia menamai pesawat tersebut Nurtanio.Nurtanio diambil…
Pesawat N219 angkat semangat dan ekosistem penerbangan nasional
10 Nov 2017
Tiga bulan setelah uji coba terbang perdana, pesawat N219 akan mengudara secara resmi untuk kedua kali. Mengutip siaran pers LAPAN, Kamis (9/11/2017), penerbangan kedua N219 juga untuk merayakan Hari Pahlawan…
Presiden Jokowi Beri Nama Pesawat Ini N219 Nurtanio
10 Nov 2017
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara sah menamai pesawat N219 buatan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) bersama PT Dirgantara Indonesia (PT DI). Dia menamai pesawat tersebut Nurtanio.Nurtanio diambil…
Nurtanio, Nama yang Diberikan Jokowi untuk Pesawat N219
10 Nov 2017
JAKARTA, KOMPAS.com — Nurtanio menjadi nama pilihan yang disematkan Presiden Joko Widodo untuk pesawat transportasi nasional N219.Nama tersebut diberikan secara resmi oleh Jokowi saat meninjau pesawat N219 di Landasan Udara…
Nurtanio, Nama yang Diberikan Jokowi untuk Pesawat N219
10 Nov 2017
JAKARTA, KOMPAS.com — Nurtanio menjadi nama pilihan yang disematkan Presiden Joko Widodo untuk pesawat transportasi nasional N219.Nama tersebut diberikan secara resmi oleh Jokowi saat meninjau pesawat N219 di Landasan Udara…
Meksiko Langsung Beli Pesawat N-219 Nurtanio yang Diresmikan Jokowi
10 Nov 2017
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan pesawat N-219 menamainya 'Nurtanio'. Pemerintah Meksiko langsung berminat dan hendak membeli pesawat tersebut.Hal ini disampaikan oleh Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan,…
Presiden resmikan nama Nurtanio untuk Pesawat N-219
10 Nov 2017
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo meresmikan nama Nurtanio untuk pesawat jenis N-219, yang dikembangkan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan PT Dirgantara Indonesia, di Pangkalan TNI…
Pesawat N219 Diberi Nama Nurtanio oleh Jokowi
10 Nov 2017
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi memberikan nama Nurtanio pada prototipe pesawat N219 yang merupakan produk anak bangsa.Pemberian nama pesawat N219 ini di Base Ops Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta…
Besok Jokowi Beri Nama Pesawat N219 di Halim
09 Nov 2017
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberi nama pesawat N219 hasil kerja sama PT Dirgantara Indonesia (PTDI) dan Lembaga Penebangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Jumat besok 10 November 2017.…
Kenapa Pesawat N219 Harus Diberi Nama?
09 Nov 2017
Jakarta - Pesawat N219 hasil kolaborasi PT Dirgantara Indonesia (PTDI) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) akan diberi nama langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi akan menyematkan nama…
Jokowi Bakal Beri Nama Pesawat N219
09 Nov 2017
Liputan6.com, Jakarta - Prototipe pesawat N219 kembali terbang pada Rabu, 8 November 2017. Kali ini tidak hanya mengelilingi langit Bandung, melainkan menuju Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.Penerbangan pesawat N219 ke…
10 November, Jokowi Beri Nama Pesawat N219
08 Nov 2017
VIVA – Pesawat buatan anak bangsa, N219 kembali diuji terbang. Kali ini pesawat berkapasitas 19 penumpang itu diterbangkan dari Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.Kepala Lembaga…
LAPAN Tampilkan Sistem Informasi Bidang Kemaritiman dalam Pameran PNPI
02 Aug 2017
LAPAN berpartisipasi dalam rangkaian Pekan Nasional Perubahan Iklim (PNPI) yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada 02-04 Agustus di Gedung Manggala Wanabakti, Senayan, Jakarta. Kontribusi LAPAN adalah…
LAPAN Tekan Kerjasama Dengan Lembaga Antariksa Perancis
28 Feb 2017
Perkembangan teknologi roket Indonesia bisa lebih pesat setelah MoU Kerja sama kegiatan antariksa antara Kepala Lembaga Antariksa Prancis (CNES) dan Ketua Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) RI ditandatagani di…
Menlu RI Dan Prancis Lakukan Pertemuan Bilateral
28 Feb 2017
@Rayapos | Jakarta: Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Prancis Jean Marc Ayrault di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Selasa.
Menlu RI dan Prancis lakukan pertemuan bilateral
28 Feb 2017
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Prancis Jean Marc Ayrault di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta,…
Pesawat N245 dan R80 Masuk Proyek Strategis Nasional Jokowi
10 Feb 2017
Jakarta - Proyek usulan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akhirnya masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN). Proyek itu adalah pesawat N245, pesawat R 80, dan 5 kawasan industri.Proyek pesawat N245 akan…
LAPAN kembangkan pesawat tanpa awak buat pantau sektor maritim
09 Aug 2016
Merdeka.com - Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin menegaskan, sistem pemantauan maritim di Indonesia sangat penting dalam pengamanan zona teritorial laut Indonesia. Apalagi ini merupakan sektor tengah…
Riwayat Nyaris Tragis Lembaga Warisan Perintis Dirgantara
20 Apr 2016
Jakarta, CNN Indonesia -- Telepon di kediaman Nurtanio Pringgoadisurjo berdering. Itu panggilan dari sahabatnya, Jacob Salatun. Mereka berdua perwira Angkatan Udara Republik Indonesia. Salatun mengabarkan, Presiden Sukarno telah mengeluarkan surat…
Satelit Pemantau Maritim Indonesia Siap Diluncurkan dari India
18 Apr 2016
HarianBernas.com - Satelit Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) A-3/IPB akan segera diluncurkan pada bulan depan dari India, tepatnya bulan Mei 2016.Salah satu tanggung jawab dari satelit ini adalah melakukan…
LAPAN Hitung Sawah Dengan Citra Satelit
25 Feb 2016
TEMPO.CO, Karawang - Kementerian Pertanian sedang berupaya mengganti sistem penghitungan hasil panen. Kepala Pusat Data dan Informasi, Kementerian Pertanian, M. Luthful Hakim mengatakan, lewat cara hitung yang baru ini, data…
Catatan Karya Indonesia 2015: Pesawat N219, Satelit Lapan dan Kapal Riset
27 Dec 2015
Dua Pilot uji, Esther Gayatri Saleh (kanan) dan Ahmad Ervan (kiri) naik ke pesawat N219 di hanggar PT Dirgantara Indonesia (DI), Bandung, Jawa Barat, Kamis (12/11). (Antara/Novrian Arbi)REPUBLIKA.CO.ID, Tahun 2015…
N-219 Ditargetkan Terbang Perdana 2016
11 Dec 2015
BANDUNG – Sekian lama tertunda, pesawat Transpor nasional N-219 hasil kerja sama Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dengan PT Dirgantara Indonesia akhirnya diperkenalkan secara resmi kepada publik di hanggar…
Indonesia unveils passenger aircraft for remote regions
11 Dec 2015
Plane N219 disclosed to the pubic on Rool Out or Premiere of aircraft in the hangar N219 PT Dirgantara Indonesia (PTDI), Bandung, West Java, on Thursday (December 10, 2015). (ANTARA/Fahrul…
Jokowi Minta Kementerian Dukung Pengembangan Pesawat N219
10 Dec 2015
BANDUNG, (PRLM).- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kementerian terkait untuk terus mendukung dan memfasilitasi penuh pengembangan pesawat N219. Pesawat berkapasitas 19 penumpang itu diharapkan bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri untuk…
PT DI Perkenalkan N 219
10 Dec 2015
BANDUNG-LAPAN dan PT DI akhirnya berhasil memperkenalkan pesawat buatan anak negeri, N 219 kepada masyarakat dan pejabat negara, melalui kegiatan rolling out.Menkopolhukam Luhut B. Panjaitan datang mewakili presiden untuk meresmikan…
Mantap! Pesawat N219 Made In Bandung Tuntas 100% dan Siap Tampil ke Publik
11 Nov 2015
Jakarta -PT Dirgantara Indonesia (PTDI) bersama Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN) telah merampungkan perakitan pesawat lokal, N219, di Bandung, Jawa Barat.Bagian-bagian pesawat telah tersambung bahkan proses pengecatan badan pesawat tuntas…
N-219 dan Mimpi Besar
06 Nov 2015
Industri dirgantara Indonesia menghitung hari. Jika tidak ada aral melintang, awal pekan depan PT Dirgantara Indonesia (DI) akan memperlihatkan secara fisik untuk pertama kali (roll out) wajah pesawat karya terbarunya…
Purwarupa N-219 Siap Diperkenalkan
05 Nov 2015
BANDUNG – Prototype pesawat terbaru PT Dirgantara Indonesia (DI) N-219 siap diperkenalkan ke publik, 10 November mendatang. Proses pengenalan di luar hanggar akan disaksikan Presiden Jokowi. Proyek pembuatan N-219 itu…
PT DI dan LAPAN Siap Luncurkan Pesawat Karya Anak Bangsa
04 Nov 2015
RMOLJabar. PT Digantara Indonesia (PT DI) bekerjasama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menggelar pra roll out pesawat terbaru karya anak bangsa yaitu pesawat N219."Adapun roll out pesawat tersebut…
SOLUSI MENTERI YUDDY AGAR PT. DI TIDAK UP AND DOWN
03 Nov 2015
BANDUNG - Dalam kunjungan kerja ke PT. Dirgantara Indonesia (DI), sabtu (31/10), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), mengatakan bahwa sudah sejak lama PT. DI yang sebelumnya bernama…
Saran Menteri Yuddy agar PTDI Kembali Berjaya
03 Nov 2015
Liputan6.com, Jakarta - Akhir pekan kemarin, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandy mengadakan kunjungannya ke PT Dirgantara Indonesoa (Persero) (PTDI) yang berlokasi di Bandung.Dalam kunjungannya tersebut, Yuddy…
Lapan Bentuk Citra Satelit Penginderaann Jauh
30 Oct 2015
LEMBAGA Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) bantu Presiden Joko Widodo wujudkan nawacita. Sebagaimana yang tertuang dalam nawacita, Jokowi ingin mewujudkan Indonesia sebagai negara maritim yang mandiri, maju, kuat, dan berbasiskan…
Indonesia Siap Luncurkan Pesawat Komersil N219
29 Oct 2015
BADUNG - Indonesia akan meluncurkan pesawat komersil jenis N219 yang bakal diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertepatan peringatan Hari Pahlawan, pada 10 Novemeber 2015."Kami sudah berkoordinasi dengan pihak istana. Role…
Indonesia Akan Luncurkan Pesawat Komersil Jenis N219
28 Oct 2015
KUTA - Indonesia akan menjadi negara produsen pesawat dan akan menyaingi negara-negara besar dunia. Hal ini disampaikan Kepala Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN, Gunawan Setyo Prabowo di Kuta, Badung, Rabu (28/10/2015).…
Jokowi Resmikan Pelepasan Satelit Equatorial Pertama Indonesia
04 Sep 2015
BOGOR, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meresmikan pelepasan Satelit LAPAN A2/Orari di Pusat Teknologi Satelit Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Rancabungur, Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/9/2015). LAPAN A2/Orari adalah…
LAPAN-A2 Lepas Satelit Ekuatorial Pertama Indonesia, Untuk Pantau Kemaritiman Indonesia
03 Sep 2015
JAKARTA, kabarsebelas.com - Presiden Joko Widodo direncanakan akan melepas satelit ekuatorial pertama Indonesia LAPAN-A2. Namun, satelit untuk pemantau kemaritiman Indonesia tersebut, nantinya akan segera diberangkatkan ke India dengan pesawat kargo…
Hari Ini, Jokowi akan Resmikan Satelit Buatan LAPAN
03 Sep 2015
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini berencana meresmikan pelepasan satelit rakitan dalam negeri. Satelit itu dirakit oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), bernama LAPAN A2/LAPAN ORARI.Berdasarkan…
Presiden Jokowi Bakal Resmikan Pelepasan Satelit LAPAN-A2
03 Sep 2015
Jakarta, HanTer-Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bakal meresmikan pelepasan Satelit Ekuatorial Pertama Indonesia LAPAN-A2/LAPAN-ORARI di Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar), pada Kamis (3/9/2015).Berdasarkan jadwal, pelepasan Satelit LAPAN A2 tersebut akan…
Jaga Kedaulatan Maritim, Jokowi Luncurkan Satelit Lapan-A2
03 Sep 2015
VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo meluncurkan satelit ekuator pertama Indonesia, yakni Lapan-A2, pada Kamis pagi, 3 September 2015. Satelit itu akan mengawasi kedaulatan wilayah maritim Indonesia.Peluncuran dilakukan di Pusat Teknologi…
Jokowi Apresiasi Pengembangan Lapan Ilustrasi gedung LAPAN
03 Sep 2015
Bogor - Presiden Joko Widodo (jokowi) mengapresiasi pengembangan yang telah dilakukan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), termasuk satelit ekuatorial pertama Indonesia LAPAN-A2/LAPAN-ORARI yang dilepas di Bogor, Kamis (3/9)."Dengan…
Jokowi sebut satelit LAPAN A2 bisa pantau keluar masuk kapal asing
03 Sep 2015
Merdeka.com - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) secara resmi melepas satelit ekuatorial pertama Indonesia, LAPAN A2 di Pusat Teknologi Satelit LAPAN di Cancabungur, Bogor, Jawa Barat. Jokowi mengapresiasi pengembangan yang…
Jokowi Resmikan Pelepasan Satelit Equatorial Pertama Indonesia
03 Sep 2015
Presiden Joko Widodo didampingi Kepala Lapan Thomas Djamaluddin, Menristek Dikti M Nasir, dan Wakil Gubernur Jawa Barat Dedy Mizwar, saat menekan tombol pelepasan satelit LAPAN 02/Orari, di Pusat Teknologi Satelit…
Presiden Jokowi Ingin Lapan Bikin Satelit Multifungsi
03 Sep 2015
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Presiden Joko Widodo menilai, Indonesia harus memiliki satelit yang multfungsi. Dengan begitu, satelit bisa digunakan untuk memantau mulai dari pertanian, cuaca, sampai dengan maritim.Menurut Presiden, satelit akan…
Jokowi Lepas Satelit Ekuatorial Pertama Indonesia
03 Sep 2015
Presiden Joko Widodo/Jokowi (kedua dari kiri) mendengarkan penjelasan Kepala Lembaga Penerbangan dan antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin (kiri) didampingi Menristekdikti Mohamad Nasir (kedua dari kanan) dan Wakil Gubernur Jawa Barat…
Jokowi Calls on LAPAN to Prioritize Research on Several Sectors
03 Sep 2015
TEMPO.CO, Jakarta - President Joko "Jokowi" Widodo has asked the National Aeronautics and Space Agency (LAPAN) to develop satellites for agriculture, maritime and weather monitoring purposes.Jokowi promised that he would…
Jokowi Ingin LAPAN Bikin Penelitian yang Dibutuhkan
03 Sep 2015
TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo ingin Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) terus mengembangkan satelit pemantauan untuk berbagai kebutuhan, seperti untuk kepentingan pertanian, cuaca, dan maritim. Dia menilai pemantauan…
Resmikan Satelit LAPAN A2, Presiden Jokowi Dijanjikan Drone
03 Sep 2015
Bogor - Presiden Joko Widodo meresmikan satelit equator pertama Indonesia, LAPAN A2. Sebelum diresmikan, Kepala LAPAN Prof Thomas Djamaluddin memberikan sambutan."LAPAN telah kerja sama dengan ORARI kemudian memberikan salah satu…
Diresmikan Jokowi, Apa Kehebatan Teknologi Satelit Lapan A-2?
03 Sep 2015
JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi), hari ini meresmikan pelepasan satelit penerus LAPAN-A2/LAPAN Orari di Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/9/2015). Satelit buatan anak bangsa ini, merupakan generasi kedua dari seri…
Jokowi Lepas Satelit Pemantau Maritim LAPAN A2
03 Sep 2015
TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo akan melepas satelit ekuatorial pertama Indonesia, LAPAN A2, di pusat teknologi satelit Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional pada hari ini, Kamis, 3 September 2014."LAPAN…
RI Kolaborasi dengan Inggris soal Keantariksaan
30 Jul 2015
VIVA.co.id - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) sepakat untuk bekerja sama dengan Badan Antariksa Inggris (UKSA). Kedua instansi tersebut akan berkolaborasi di bidang sipil keantariksaan.Seperti dikutip dari situs Lapan,…
LAPAN dengan Badan Antariksa Inggris Sepakat Kolaborasi Bidang Sipil Keantariksaan
27 Jul 2015
Kesepakatan bersama antara LAPAN dengan Badan Antariksa Inggris (UKSA) untuk berkolaborasi di bidang sipil keantariksaan ditandai dengan penandatanganan naskah MoU oleh Menristekdikti M. Nasir dan Menteri Perdagangan dan Investasi Inggris…
LAPAN Bantu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kurangi Degradasi Hutan
17 Jun 2015
Peningkatan jumlah lahan kritis akibat degradasi hutan di Indonesia sangat tinggi, mencapai 24,3 juta hektar dari total lebih dari 130 juta hektar luas hutan seluruh Indonesia. Hal ini mengundang perhatian…
Presiden Jokowi teken Perpres Organisasi Baru LAPAN
20 May 2015
Melaksanakan amanat Pasal 38 Ayat (4) Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan, Presiden Joko Widodo pada tanggal 29 April 2015 telah menandatangani Peraturan Presiden Nomor 49 Tahun 2015 tentang…
Jokowi Teken Perpres Organisasi Baru LAPAN
20 May 2015
Jakarta - Presiden Jokowi telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) nomor 49/2015 tentang Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) pada Rabu, 29 April 2015 lalu. Perpres diteken untuk melaksanakan amanat pasal…
Jokowi Teken Perpres Organisasi Baru Lapan
20 May 2015
TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo meneken Peraturan Presiden Nomor 49 Tahun 2015 tentang Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan). Perpres ini diterbitkan untuk melaksanakan amanat Pasal 38 ayat 4…
N219 Pesawat Murah Untuk Daerah Terpencil
15 Apr 2015
Teknopreneur.com – Penerbangan perdana N-250 menjadi tonggak sejarah peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas). Prototipe N-250 yang dirintis sejak BJ Habibie menjadi Menteri Riset dan Teknologi pada era 1980-an ini…
Disaksikan Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping, RI – RRT Tandatangani 8 Kerjasama
26 Mar 2015
Setelah mengikuti upacara kenegaraan yang digelar di Balai Agung Rakyat atau Great Hall of The People, Kamis (26/3) sore, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden RRT Xi Jinping langsung memimpin…
Indonesia-Tiongkok sepakati kerja sama delapan bidang
26 Mar 2015
Beijing (ANTARA News) - Pemerintah Republik Indonesia (RI) dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) menyepakati kerja sama pada delapan bidang.Penandatanganan nota kesepahaman bersama (Memorandum of Understanding/MoU) dilaksanakan di Great Hall of…
Wujudkan Poros Maritim, Program Inasat Akan Dilanjutkan
12 Feb 2015
Kesepakatan melanjutkan Inasat yang merupakan program pembangunan satelit penginderaan jauh nasional, untuk dukung visi Indonesia sebagai poros maritim dunia.Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo mengatakan, program Indonesian Satellite (Inasat) akan mendukung…
Menko Kemaritiman, BPPT dan LAPAN Lanjutkan Program Satelit Penginderaan Jauh
11 Feb 2015
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menko Kemaritiman Indroyono Soesilo, Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Unggul Priyanto dan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin sepakat melanjutkan program satelit…
Cari AirAsia, Kemenristek Koordinasi dengan LAPAN dan BPPT Untuk deteksi pesawat di kedalaman laut.
30 Dec 2014
VIVAnews - Menteri Ristek dan Dikti (Menristek Dikti) M. Nasir terus berkoordinasi di lingkungannya terkait pencarian pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan QZ8501 rute Surabaya-Singapura yang hilang kontak pada Minggu pagi,…
LAPAN Ciptakan Pesawat Baru Dengan Dana Rp 400 Miliar
11 Dec 2014
Pesawat merupakan merupakan alat transportasi yang sangat penting bagi Indonesia sebagai negara Kepulauan. Kebutuhan orang untuk berpergian baik keperluan bisnis maupun keperluan lainnya yang menempuh jarak yang jauh, sangat…
Menristek Dukung Kemandirian Antariksa Indonesia
10 Dec 2014
Utamanya soal pengembangan satelit dan penggunaannya.VIVAnews - Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir tampaknya menyadari pentingnya teknologi keantariksaan yang menjadi keharusan untuk kemajuan Indonesia. Bahkan dia mendukung…
Ini Cara Pemerintahan Jokowi Agar Proyek Pesawat N219 Tak Bernasib Seperti N250
10 Dec 2014
Jakarta -Pemerintahan baru di bawah Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memediasi pengembangan hingga peluncuran pesawat komersial bersertifikasi siap produksi yaitu N219.Tujuannya agar produk purwarupa atau prototype pesawat N219 tak senasib…
Ilmuwan Dunia Usulkan Teknologi Memajukan Maritim Indonesia
03 Dec 2014
Target memajukan kemaritiman Indonesia mendorong sejumlah ilmuwan dari berbagai negara membahas pemanfaatan teknologi penerbangan dan keantariksaan untuk mendukung dunia maritim.“Presiden Indonesia Jokowi memiliki visi untuk mengembangkan kemaritiman nusantara. Lapan mendukung…
LAPAN Bikin Satelit, Pesawat Komersial Hingga Tanpa Awak
27 Nov 2014
Bogor -Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) telah memasuki usia 51 tahun. Pada usia yang telah menginjak setengah abad ini, LAPAN tidak berhenti berinovasi menghasilkan produk kedirgantaraan, satelit hingga roket…
Jokowi Ingin Drone Awasi Perairan RI, LAPAN Punya Teknologinya
27 Nov 2014
Bogor -Indonesia memiliki wilayah laut yang sangat luas. Alhasil potensi pelanggaran batas wilayah hingga pencurian hasil laut Indonesia sangat tinggi.Guna membantu pengamanan laut, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)…
Tertutup Awan, Lapan Kesulitan Potret Pulau Kecil dan Terdepan
26 Nov 2014
Liputan6.com, Jakarta - Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki ribuan pulau. Namun banyak dari pulau-pulau itu terlantar, tidak mendapat perhatian pemerintah. Terutama pulau-pulau kecil dan terdepan.Menyadari potensi yang ada di wilayah…
Gali Informasi Maritim, Lapan Punya Solusi
25 Nov 2014
Data penginderaan jauh lewat citra satelit, bisa digunakan Pemda.VIVAnews - Setelah menjadi presiden, Jokowi ingin mengembalikan kejayaan laut Indonesia dengan mengusung visi maritim yang maju, kuat, dan berbasiskan kepentingan nasional.Untuk…
Teknologi Satelit Lapan Siap Menguatkan Sektor Maritim
16 Nov 2014
Islam Times - Teknologi satelit Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) akan sangat membantu penguatan sektor maritim yang digagas pemerintahan Jokowi, ujar pejabat Lapan seperti dilansir Antara. Teknologi satelit Lembaga…
Dukung Visi Maritim Jokowi: LAPAN Kembangkan Drone dan Satelit Mikro
13 Nov 2014
Bisnis.com, YOGYAKARTA -- Rencana Presiden Joko Widodo untuk memperkuat sektor maritim dan membuat jalur bebas hambatan di wilayah perairan RI mendapat dukungan positif dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).Kepala…
DUKUNG KEMARITIMAN INDONESIA LAPAN Siap Luncurkan A-2 ORARI
13 Nov 2014
SLEMAN (KRjogja.com) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) tengah bersiap meluncurkan mikro satelitnya pada pertenghan 2015. Satelit bernama LAPAN A-2 ORARI nantinya berguna bagi sistem penginderaan jauh wilayah teritori Indonesia.Menurut…
LAPAN Siap Bantu Maritim Highway Jokowi
13 Nov 2014
SLEMAN (KRjogja.com) - kebijakan pemerintahan Joko Widodo yang akan menjadikan wilayah laut Indonesia sebagai "jalan bebas hambatan" (Maritim Highway) mendapat sambutan positif dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).Ditemui di…
Ilmuwan Dunia Usulkan Teknologi Memajukan Maritim Indonesia
11 Nov 2014
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA—Target memajukan kemaritiman Indonesia mendorong sejumlah ilmuwan dari berbagai negara membahas pemanfaatan teknologi penerbangan dan keantariksaan untuk mendukung dunia maritim.“Presiden Indonesia Jokowi memiliki visi untuk mengembangkan kemaritiman nusantara. Lapan mendukung…
Ilmuwan Bahas Teknologi Keantariksaan untuk Maritim di Serpong
11 Nov 2014
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah ilmuwan dari berbagai negara membahas pemanfaatan teknologi penerbangan dan keantariksaan untuk mendukung dunia maritim di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Serpong.Kepala Bagian Hubungan Masyarakat…
Lapan-Prof Josaphat Kembangkan Microsatellite Tercanggih Dunia
10 Nov 2014
Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) bersama Chiba University, Jepang mengembangkan microsatelite canggih pertama di dunia yang menggunakan Sensor Aynthetic Aperture Radar (SAR).Chiba University diwakili Josaphat Microwave…
Remote Sensing untuk Mendukung Kemaritiman
05 Nov 2014
Denpasar, Berita Geospasial BIG - Badan Informasi Geospasial sebagai satu-satunya penyelenggara Informasi Geospasial Dasar (IGD) di Indonesia, dalam percepatan penyelenggaraannya termasuk dalam mendukung kemaritiman, sangat dibutuhkan data penginderaan jauh terlebih…
Pengindraan Jauh untuk Laut
03 Nov 2014
LEMBAGA Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengembangkan teknologi pengindraan jauh yang mampu memantau laut secara menyeluruh dan sistematik. Itu penting untuk mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sedang berupaya meningkatkan…
LAPAN Siapkan Drone yang Bisa Pecahkan Rekor MURI dengan Terbang Sejauh 300 KM
23 Oct 2014
dakwatuna.com – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) telah membuat drone atau pesawat tanpa awak. Pesawat tanpa awak yang sering disingkat UAV (Unmanned Aerial Vechicle) buatan LAPAN ini telah dibuat…
Drone Buatan AS Tercanggih di Dunia, Bagaimana dengan Drone RI?
16 Oct 2014
Jakarta -Drone atau pesawat tanpa awak merupakan alat pertahanan canggih yang ada saat ini. Drone tercanggih di dunia saat ini masih diproduksi Amerika Serikat (AS) dengan harga yang cukup mahal."Drone…

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /var/www/html/lapan/prosite/themes/default/custome_three.php:4)

Filename: libraries/Session.php

Line Number: 672