Kompetensi Utama

Layanan


Titik Panas di Kalteng Diprediksi Bakal Bertambah
Penulis : Tiva Rianthy • Media : Borneo24.com • 09 Sep 2019 • Dibaca : 817 x ,

PALANGKA RAYA, BORNEO24.COM – Dari data Bidang Meteorologi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), hasil pantauan melalui citra Satelit Terra Aqua MODIS, SNPP dan NOAA20. Tercatat hingga Senin (9/9/2019) pukul 11.00 WIB, terpantau 103 hotspot (titik panas), diduga kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kalimantan Tengah.

Di Kabupaten Pulang Pisau terdeteksi sebanyak 32 titik panas, Kapuas 30, Kota Palangka Raya 18, Katingan 9, Seruyan 7, Barito Selatan 5 dan Kotawaringin Barat 2.

Sedangkan untuk Kabupaten Barito Utara, Kotawaringin Timur, Lamandau, Sukamara, Gunung Mas dan Murung Raya, tidak ada terdeteksi titik panas.

Menurut Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tjilik Riwut Palangka Raya, Lian Andriani,
jika ditinjau dari analisis parameter atau unsur cuaca. Curah hujan yang rendah dalam beberapa hari, akan berpotensi mudah juga terjadi Karhutla, titik panas akan bertambah.

Sebab untuk prakiraan cuaca sampai tiga hari ke depan, diprediksi cuaca cerah berawan karena belum ada potensi hujan di wilayah Kalimantan Tengah. Namun titik panas Karhutla juga dipengaruhi faktor eksternal yaitu manusia yang melakukan pembakaran lahan.

“Jika dari unsur cuaca cukup kering, angin cukup kencang dan banyak manusia yang membakar lahan, memberikan peluang titik panas bertambah banyak,”ujarnya.

Lian menambahkan, untuk prakiraan musim, diprediksi pada Oktober mendatang, wilayah Kalteng masuk peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

Secara umum wilayah Kalteng mulai pertengahan Oktober hingga awal November akan memasuki musim hujan, dimulai dari bagian utara dan barat diprediksi pertengahan Oktober akan masuk musim hujan.

Kemudian bagian tengah memasuki musim hujan di akhir Oktober. Terakhir bagian Tenggara yaitu Kabupaten Kapuas bagian selatan, diprediksi memasuki musim hujan di awal November.




Sumber : https://borneo24.com/2019/09/09/titik-panas-di-kalteng-diprediksi-bakal-bertambah









Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL