Kompetensi Utama

Layanan


Total 166 Hektar Lahan di Kabupaten PALI Terbakar, BPBD Klaim Grafik Karhutla Menurun
Penulis : Eko Jurianto • Media : GLOBALPLANET • 09 Sep 2019 • Dibaca : 84 x ,

PALI, GLOBALPLANET - Sepanjang tahun 2019, sedikitnya seluas 166 hektar lahan di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) hangus terbakar, terhitung sejak Bulan Januari hingga awal Bulan September ini.

Diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PALI, Junaidi Anuar SE MSi, setidaknya sepanjang Tahun 2019 ini lahan yang terbakar yang tersebar di lima kecamatan di Kabupaten PALI.

Sementara untuk jumlah titik hotspot hingga Bulan September 2019 ini berjumlah total 79 titik api.

Menurut Junaidi, paling banyak terpantau pada aplikasi Lapan Fire pada Bulan Juni 2019, yakni 36 titik api, sementara Bulan Juli 22 hotspot, sedangkan Bulan Agustus ada 8 titik api.

"Namun dari jumlah itu, secara grafik aktivitas kebakaran dan lahan (Karhutla) di PALI menurun," ungkap Junaidi, Senin (9/9/2019).

Menurutnya, guna antisipasi agar Bencana Karhutla tidak menyebar, Satgas Terpadu Anti Karhutla, terdiri dari Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD PALI, bersama pihak terkait lainnya TNI, Polri serta Manggala Agni dari Kementrian Kehutanan rutin melakukan sosialisasi.

Sehingga, warga tidak membuka lahan dengan cara membakar, lantaran membuka lahan dengan cara membakar ialah perbuatan melanggar hukum dengan ancaman pidana.

Selama pemadaman Api, jelas Junaidi, pihaknya dilapangan hanya terkendala pasokan air, lantaran terkadang cukup jauh.

"Bahkan, pada awal Bulan September 2019 ini kita berjibaku memadamkan api dengan lima (5) hari membuka jalur menggunakan mesin shensow menuju titik api di Desa Prambatan Kecamatan Abab," jelasnya.

Selain sosialisi kerumah-rumah warga, lanjut Junaidi, tim satgas anti Karhutla, bahkan menyambangi warga hingga ke kebun-kebun agar tidak membuka lahan dengan membakar.

"Tim kita masih siaga di lima posko tiap kecamatan di Kabupaten PALI, lantaran pada Bulan Agustus 2019 ini diprediksi puncaknya musim kemarau, sehingga rentan terjadi Karhutla," katanya.

"Selain sosialisasi, himbauan-himbauan pencegajan agar tidak terjadi kebakaran lahan juga terus digalakkan tim pada tiap posko masing-masing," jelasnya.









Sumber : http://www.globalplanet.news/berita/19867/total-166-hektar-lahan-di-kabupaten-pali-terbakar-bpbd-klaim-grafik-karhutla-menurun








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL