Kompetensi Utama

Layanan


Kaltim Dikepung Asap, Gubernur Isran Noor Tak Percaya Warga Bakar Lahan
Penulis : Saud Rosadi • Media : merdeka.com • 17 Sep 2019 • Dibaca : 934 x ,

Merdeka.com - Kebakaran hutan dan lahan di Indonesia, 99 persen terjadi akibat ulah manusia. Kesimpulan itu diambil Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo saat memimpin rapat koordinasi di Palangka Raya awal Agustus 2019.

Doni mengambil kesimpulan itu setelah dia dan rombongan berada di atas Kalimantan Tengah, di mana terlihat kebakaran hutan dengan luasan sekitar 1,5 kilometer. Ia menduga kebakaran hutan itu disengaja dan letaknya ada di posisi tertentu.

Hari ini, sebagian besar Kalimantan Timur masih berselimut kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan. Meski ditemukan titik api di Kaltim, pemerintah menganggap kobaran api itu sebagai kejadian alam, bukan sengaja dibakar manusia.

"Saya belum percaya juga itu, itu kelalaian manusia," kata Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, ditemui wartawan di Samarinda, Senin (16/9).

Pernyataan Isran bukan tanpa alasan. Mantan Bupati Kutai Timur itu mengetahui, dahulu pernah terjadi kemunculan api di tengah hutan, yang tidak berpenghuni.

"Dulu ada api di tengah hutan, lain (kelalaian disengaja) manusia. Artinya, kejadian alam," ujar Isran.

Isran menerangkan, dari informasi diperoleh, kabut asap yang menyelimuti Kalimantan Timur, merupakan kiriman dari daerah lain di Kalimantan Timur. Sejauh ini pun, penanganan dan penanggulangan Karhutla mengacu Standar Operasional Prosedur (SOP).

"Ada standarnya. Kita sudah ada di UPTD masing-masing Kabupaten dan Kota menangani Karhutla, bersama TNI dan Polri," ucapnya.

Data diperoleh merdeka.com, dari informasi peringatan kebakaran hutan dan lahan yang diolah citra satelit Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dari hasil citra satelit, di Kalimantan Timur hingga pukul 14.18 WITA tercatat memiliki 118 titik panas (hotspot)

Dari 118 titik panas yang terdeteksi di Kabupaten Paser, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Mahakam Ulu hingga Kabupaten Berau itu, 27 diantaranya memiliki tingkat prosentase lebih 80 persen merupakan titik api Karhutla. [noe]



Sumber : https://www.merdeka.com/peristiwa/kaltim-dikepung-asap-gubernur-isran-noor-tak-percaya-warga-bakar-lahan.html









Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL