Kompetensi Utama

Layanan


Nih Sebaran Titik Api di Indonesia dari Satelit Khusus Karhutla
Penulis : Amal Nur Ngazis • Media : viva.co.id • 17 Sep 2019 • Dibaca : 1024 x ,

VIVA – Kebakaran hutan dan lahan sedang melanda dua wilayah di Sumatera dan Kalimantan. Bencana ini menjadi perhatian nasional. Beragam informasi wara-wiri titik panas atau hotspot kebakaran hutan dan lahan. Namun demikian kamu perlu teliti ya menerima informasi hotspot karhutla lho. Jangan bingung ya guys, cari referensi sumber resmi saja.

Nah, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyediakan informasi hotspot karhutla yang berbasis dari citra satelit khusus pendeteksi hotspot. LAPAN menampilkan data dari tiga satelit khusus tersebut yaitu satelit NOAA, satelit Terra, satelit Aqua, satelit MODIS sampai satelit Suomi NPP-VIRSS.

Dari katalog informasi hotspot real time yang disediakan LAPAN, dikutip Senin 16 September 2019, terdapat beberapa kategori tingkat hotspot yang namanya selang kepercayaan atau confidence level, dengan dilabel 'C'.

Label ini menunjukkan tingkat kepercayaan bahwa hotspot yang dipantau dari data satelit penginderaan jauh merupakan benar-benar kejadian kebakaran yang sebenarnya di lapangan.

LAPAN menuliskan, semakin tinggi selang kepercayaan artinya semakin tinggi pula potensi hotspot adalah benar kebakaran hutan dan lahan yang terjadi.

Makna tingkat kepercayaan hotspot C < 30 persen artinya selang kepercayaan rendah dan tindakan yang diharapkan yaitu perlu diperhatikan. Tingkat kepercayaan hotspot C < 80 persen artinya selang kepercayaan nominal dan tindakan yang diharapkan yakni waspada. Sedangkan tingkat kepercayaan hotspot C < 100 persen artinya selang kepercayaan tinggi dengan tindakan segera penanggulangan. 



Sumber : https://www.viva.co.id/digital/digilife/1179688-nih-sebaran-titik-api-di-indonesia-dari-satelit-khusus-karhutla









Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL