Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN dan Pemkab Siak akan Gelar Festival Gerhana Matahari Cincin 2019
Penulis : Hutama Prayoga • Media : akurat.co • 18 Sep 2019 • Dibaca : 1171 x ,

AKURAT.CO, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak, Riau akan menggelar Festival Gerhana Matahari Cincin 2019 yang dilaksanakan pada 24-26 Desember mendatang.

LAPAN akan menggelar acara tersebut di dua lokasi berbeda yaitu di lapangan bola Desa Bunsur dan kota Siak Sri Indrapura tepatnya di Taman Tengku Agung dan Water Front City.

Bukan tanpa alasan LAPAN dan Pemkab Siak menggelar acara tersebut. Melansir laman resmi LAPAN, Selasa (17/9), pada tanggal 26 Desember nanti, Indonesia akan dilintasi oleh Gerhana Matahari Cincin (GMC). Di antara banyaknya lokasi, Kabupaten Siak menjadi salah satu tempat yang ideal untuk menyaksikan fenomena alam tersebut.

Pada rangkaian acara festival, kegiatan yang dilakukan LAPAN fokus pada pengamatan GMC dan edukasi keantariksaan. Dalam kegiatan pengamatan, LAPAN sudah bekerja sama dengan para astronom, ilmuwan di bidang keantariksaan, dan komunitas astronomi (dalam dan luar negeri).

Sedangkan untuk kegiatan edukasi, LAPAN akan menghadirkan beberapa rangkaian acara seperti talkshow seputar fenomena gerhana matahari cincin, pameran hasil litbang LAPAN, mini planetarium, bimtek komunikasi satelit LAPAN A2/ORARI, dan sosialisasi ke beberapa sekolah dan perguruan tinggi.

Prof Erna Sri Adiningsih, selaku Sekretaris Utama LAPAN mengatakan, dengan digelarnya festival tersebut, LAPAN berharap bisa mengedukasi masyarakat tentang GMC.

“LAPAN berharap kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Siak tidak hanya sebatas event GMC saja namun juga ke depannya Pemkab dapat memanfaatkan teknologi keantariksaan yang LAPAN miliki guna mendukung sektor pembangunan di daerah Siak”, ujar Prof Erna.



Sumber : https://akurat.co/iptek/id-766484-read-lapan-dan-pemkab-siak-akan-gelar-festival-gerhana-matahari-cincin-2019

LAPAN mengatakan, beberapa wilayah Indonesia dapat menyaksikan fenomena alam tersebut tergantung dengan lokasi pengamatan. Wilayah-wilayah tertentu seperti Padang Sidempuan, Sibolga, Kabupaten Siak, Kepulauan Riau, dan sebagian Kalimantan Barat bagian utara yaitu Kabupaten Singkawang, dapat menyaksikan GMC yang menyerupai bentuk cincin.








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL