Kompetensi Utama

Layanan


Kabut Asap Boleh Tebal, Tapi Tak Ada Edaran Libur
Penulis : Redaksi • Media : rakyatkaltara.prokal.co • 17 Sep 2019 • Dibaca : 163 x ,

TANJUNG SELOR – Kabut asap makin pekat. Jarak pandang hanya 400-500 meter. Pantauan Stasiun Bumi LAPAN Parepare ada 1 titik api di Kecamatan Tanjung Palas Timur, dan masing-masing 2 titik api di Tanjung Palas dan Sekatak, Bulungan.

Dikatakan Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Tanjung Harapan Muhammad Sulam Khilmi, penurunan jarak pandang pun kembali berdampak ke penerbangan dari dan ke Tanjung Selor.

Dampak kabut asap, juga disikapi Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tanjung Selor dengan mengeluarkan surat edaran. Kepala KUPP Kelas II Tanjung Selor Maksud meminta para operator dan nakhoda kapal meningkatkan kewaspadaan.

"Jangan memaksakan bila jarak pandang sangat terbatas,” ujarnya.

Meski kabut asap semakin pekat, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara belum mengeluarkan edaran meliburkan pelajar. Hanya imbauan agar pelajar mengurangi aktivitas di luar ruang kelas.

"Tidak semua wilayah cuacanya jelek (kabut asap). Jika situasi mengganggu kesehatan, maka kepala satuan pendidikan bisa ambil inisiatif," ujar Kepala Disdikbud Kaltara Sigit Muryono.

Edaran meliburkan pelajar, juga tak dikeluarkan Dinas Pendidikan Bulungan. Namun, Kepala Disdik Bulungan Jamaluddin Saleh yang dikonfirmasi, sedang tidak ada di tempat. Saat dihubungi media ini, juga tidak merespons.

Di tempat terpisah, prakirawan BMKG Tarakan, William Sinaga menyebut bahwa jarak pandang di Tarakan 2 kilometer pada pukul 15.00, kemarin. “Tapi jarak pandangnya naik turun. Tadi pagi naik, pas siang turun lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Station Manager Lion Air Tarakan, Muhammad Arief mengaku penerbangan sudah kembali normal. (uno/*/sas/fen)







Sumber : https://rakyatkaltara.prokal.co/read/news/17997-kabut-asap-boleh-tebal-tapi-tak-ada-edaran-libur.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL