Kompetensi Utama

Layanan


Satelit LAPAN Rekam Sebanyak 3.296 Titik Panas
Penulis : Wahyu Sabda Kuncahyo • Media : AyoJakarta.com • 23 Sep 2019 • Dibaca : 851 x ,

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Sulawesi Selatan mendapati 3.296 hotspot atau titik panas. Di mana, sebanyak 1.332 diantaranya dipastikan adalah titik api. 

 ''Kami menggunakan enam satelit yang berbeda untuk memastikan semua data itu bisa dipakai dan dipastikan itu adalah titik kebakaran,'' kata peneliti LAPAN Zyl Shah di Kota Pare-pare, Senin (23/9/2019). 

Untuk wilayah seluruh Indonesia, khusus kejadian kebakaran hutan dan lahan yang terjadi, pihaknya bertanggung jawab guna memastikan semua data pengendalian jauh dipakai dalam memamtau titik-titik khusus. 

Sejauh ini, pantauan satelit LAPAN Kota Pare-pare berhasil merekam sejumlah titik api yang sudah dipastikan adalah kebakaran hutan dan lahan, 

''Ini kita lihat terdapat 3.296 hotspot dan 1.332 hotspot yang dideteksi dari data satelit. Itu sudah bisa dipastikan titik kebakaran yang di mulai pada level rendah. Tetapi untuk tingkat kepercayaannya belum terlalu tinggi,'' jelas Zyl. 

Kendati demikian, untuk memastikan bahwa titik tersebut adalah kebakaran dan asap harus dilakukan verifikasi. Dan mesti melihat betul adalah kejadian kebakaran hutan kemudian dilakukan inspeksi visual. 

''Namun untuk lebih jelas dan lebih detail bahwa itu adalah titik kebakaran kita lakukan dulu inspeksi visual untuk memastikan bahwa titik titik itu adalah sebaran asap kebakaran,'' kata Zyl.










Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL