Kompetensi Utama

Layanan


Aero Summit 2019 Susun Roadmap Kedirgantaraan Nasional
Penulis : Redaksi • Media : possore.com • 25 Sep 2019 • Dibaca : 331 x ,

JAKARTA (Pos Sore) — Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyelenggarakan AeroSummit 2019 dengan tema “Streamlining The Synergy in Aerospace Industry”. Pertemuan antara peneliti, perekayasa, dan industri, selama dua hari itu untuk menyusun roadmap kedirgantaraan nasional sebagai bahan kebijaksanaan nasional untuk menyongsong Indonesia emas.

“Sehingga ekosistem kedirgantaraan dapat tumbuh, baik industri maupun sumber daya manusianya untuk menyongsong Indonesia emas 2045,” kata Kepala Lapan Thomas Djamaluddin, usai membuka Aerosummit 2019, di Hotel Bidakara, Selasa (24/9).

Dikatakan, tujuan utama kegiatan ini mempertemukan peneliti perekayasa dan industri untuk sama-sama mengembangkan teknologi penerbangan dan antariksa khususnya terkait dengan industri kedirgantaraan.

Thomas mengatakan dengan roadmap tersebut, industri kedirgantaraan Indonesia diharapkan akan semakin berkembang baik dengan cepat serta lebih maju. Karena nantinya, roadmap tersebut akan menjadi bahan kebijakan nasional untuk menyongsong Indonesia emas.

“Bagaimana kita mengembangkan industri penerbangan mulai dari pesawat, komponen, tentu hal pendukung termasuk pemeliharaan layanan-layanan terhadap pasca jual dari industri penerbangan tersebut,” tandasnya.

Pihaknya berharap roadmap yang dibahas dalam AeroSummit 2019 itu dapat tercermin dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Indonesia ke depan. Terlebih kerangka roadmap kedirgantaraan yang dibahas telah melalui pembahasan dan pertemuan secara intensif selama 10 bulan bersama instansi terkait.

“Roadmap ini sekarang sedang disiapkan. Diharapkan draft awal bisa secepatnya dirumuskan, nanti sedapat mungkin kami berkoordinasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) agar sejalan dengan RPJMN yang disiapkan Bappenas,” ujarnya.




Sumber : http://possore.com/2019/09/25/aero-summit-2019-susun-roadmap-kedirgantaraan-nasional/

Selain roadmap, lanjutnya, juga dibahas mengenai tugas pokok, fungsi (Tupoksi) serta keanggotaan dari lembaga pengawas (Board of Trustee). Hal itu untuk mempercepat pengembangan teknologi dan industri pesawat terbang nasional.

“Pembahasan tupoksi serta keanggotaan dari lembaga pengawas dilakukan selama 2 hari dalam bentuk diskusi panel. Sehingga parq peneliti, perekayasa dan kalangan industri dapat bersama-sama mengembangkan teknologi pengembangan antariksa, khususnya teknologi kedirgantaraan,” jelas Thomas.

AeroSummit2019, merupakan kolaborasi LAPAN, PT. Dirgantara Indonesia dan IAEC (Indonesia Aeronautica| Engineering Center). Selain diskusi, dalam kegiatan ini juga dilakukan focus group discussion, workshop dan pameran teknologi hasil produk buatan putra-putri bangsa Indonesia.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat menjembatani seluruh stakeholder sehingga menghasilkan semacam board of trustees atau suatu koordinasi nasional tingkat tinggi, seperti pada saat Dewan penerbangan Nasional Republik Indonesia (DEPARI) terbentuk, yang waktu itu bisa memutuskan N219 dijadikan sebagai Program Nasional karena ada koordinasi tingkat tinggi.

Hadir dalam agenda tersebut Kementerian Ristekdikti, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Perindustrian PT. DI yang saat ini sedang mengembangkan pesawat N219, dan Bappenas.

Lapan juga menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020- 2024 dalam rangka mengerakkan sektor pebangunan berbasis IPTEK, penerbangan dan antariksa untuk 5 tahun ke depan. (tety)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL