Kompetensi Utama

Layanan


Keren, Ini 5 Fakta Dadali Drone Ciptaan LAPAN yang Bisa Angkut Manusia
Penulis : Silvia Nur Fajri • Media : akurat.co • 26 Sep 2019 • Dibaca : 198 x ,

HOME NEWS NASIONAL
Keren, Ini 5 Fakta Dadali Drone Ciptaan LAPAN yang Bisa Angkut Manusia
Silvia Nur Fajri Rabu, 25 September 2019 15:15 WIB
Image
Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin, sedang mencoba menaiki Dadali drone. | Antara


AKURAT.CO, Lembaga Penerbangan Dan Antariksa Nasional (LAPAN) baru saja meluncurkan sebuah drone yang dapat dijadikan sebagai pengangkut manusia atau urban transporter bernama Dadali Drone. Salah satu karya anak bangsa tersebut resmi diluncurkan oleh Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin, di acara AeroSummit 2019, Jakarta Selatan, Selasa (24/9) kemarin.

Drone yang diciptakan bersama PT Aeroterrascan dan PT Chroma International tersebut nantinya akan digunakan sebagai alat untuk mengangkut barang ke pulau-pulau yang tidak terjangkau oleh kendaraan.

Dihimpun oleh AKURAT.CO dari berbagai sumber berikut 5 fakta Dadali Drone.

1. Mampu mengangkut beban hingga 120 kilogram

Diketahui, Dadali mampu mengangkut beban hingga 120 kilogram. Di mana 50 kilogram dari beban tersebut merupakan berat di luar berat badan dari penumpangnya.

2. Hanya mengangkut satu penumpang

Meski dapat mengangkut manusia, Dadali Drone rancangan LAPAN ini hanya mampu ditumpangi oleh satu penumpang saja, mengingat drone tersebut hanya memiliki satu tempat duduk.

3. Spesifikasi

Dadali Drone dilengkapi dengan 16 baling-baling di mana tiap balingnya berdiameter 80 cm. Drone ini dapat dipakai pada area pendaratan yang hanya memiliki luas sekitar 3,5x3,5 meter.

4. Kecanggihan

Dadali Drone juga dilengkapi dengan teknologi yang canggih. Ia dapat bergerak sendiri pada tujuan yang diinginkan hanya dengan menentukan lokasi pada gps yang terdapat pada mesin.

5. Mampu terbang setinggi 40 meter

Meskipun mengangkut beban berat, Dadali Drone kebanggaan Indonesia ini rupanya dapat terbang tinggi seperti drone pada umumnya. Diketahui, Dadali mampu bermanuver hingga ketinggian 40 meter di atas permukaan air laut.

Itulah sederet fakta mengenai Dadali Drone hasil rancangan dari LAPAN. Hingga saat ini, PT Aeroterrascan bersama dengan PT Chroma masih berupaya untuk mengembangkan drone yang nantinya dapat digunakan untuk pengiriman barang dan logistik lainnya.



Sumber : https://akurat.co/news/id-778974-read-keren-ini-5-fakta-dadali-drone-ciptaan-lapan-yang-bisa-angkut-manusia








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL