Kompetensi Utama

Layanan


Kabut Asap Menebal Lagi Di Pontianak
Penulis : Nofanolo Zagoto • Media : Validnews.id • 26 Sep 2019 • Dibaca : 770 x ,

PONTIANAK – Kabut asap tebal akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Kamis (26/9), kembali menyelimuti Kota Pontianak dan sekitarnya di Provinsi Kalimantan Barat. Padahal kabut asap sebelumnya sempat berkurang karena hujan.

"Hari ini kabut asap kembali tebal, sehingga kalau mau keluar rumah harus menggunakan masker (penutup mulut dan hidung)," kata Riko salah seorang warga Kota Pontianak, sebagaimana dilansir Antara.

Ia menjelaskan dalam dua hari terakhir kabut asap sempat berkurang karena di beberapa wilayah Kalbar dan termasuk di Kota Pontianak diguyur hujan. Tetapi kini kabut asap kembali menyelimuti Pontianak.

Tidak ada kebakaran lahan di Kota Pontianak. Kabut asap yang kembali menyelimuti Pontianak dan sekitarnya ini hasil kiriman dari daerah lain.

Berdasarkan pantauan Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio-Pontianak, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), ada sebanyak 228 titik panas atau hotspot di empat wilayah di Kalbar.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio-Pontianak Erika Mardiyanti dalam siaran pers, Kamis (26/9) menyatakan, jumlah titik panas di Kalbar yang dipantau melalui hasil pengolahan data citra satelit Lapan mulai 25 September 2019 pukul 07.00 WIB hingga 26 September 2019 pukul 07.00 WIB.

Titik panas terbanyak di Kabupaten Ketapang, yakni 226 titik panas, kemudian di Sanggau dan Melawi masing-masing satu titik panas. "Sementara di Sambas, Mempawah, Sintang, Kapuas Hulu, Bengkayang, Landak, Sekadau, Kayong Utara, Kubu Raya, Kota Pontianak dan Singkawang tidak ditemukan titik panas," katanya.

Sebelumnya, hanya terpantau ada sebanyak 34 titik panas. Terbanyak di Kabupaten Ketapang yakni sebanyak 24 titik panas, kemudian Sintang 10 titik panas, sementara kabupaten/kota lainnya tidak ditemukan titik panas. (Nofanolo Zagoto)






Sumber: https://www.validnews.id/Kabut-Asap-Menebal-Lagi-Di-Pontianak-wiz








Related Posts
Pakar Kesehatan: Kualitas Udara ‘Sangat Berbahaya’ Akibat Asap Karhutla
20 Sep 2019
PAKAR kesehatan memperingatkan ancaman bahaya kesehatan akibat asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di tengah memburuknya kualitas udara di Kalimantan Tengah dan Riau.Sementara seorang warga bernama Julyana Mantuh hanya menanti…
Sumsel Minta Tambahan Helikopter Pengebom Air untuk Atasi Karhutla
15 Sep 2019
PALEMBANG, KOMPAS.com - Provinsi Sumatera Selatan meminta penambahan helikopter pengebom air ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana karena kondisi kabut asap semakin pekat di sejumlah kabupaten serta kota sejak sepekan terakhir. Gubernur…
Kabut Asap Karhutla Indonesia Menyebar Ke Perbatasan Malaysia
09 Sep 2019
hutan">Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia berdampak ke negara tetangga. BNPB menyampaikan kabut asap akibat karhutla di Kalimantan Barat terdeteksi menyebar ke perbatasan Indonesia-Malaysia.Tetapi, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)…

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL