Kompetensi Utama

Layanan


Dukung Pengendalian Perubahan Iklim, LAPAN Pamerkan Teknologi Keantariksaan
Penulis Berita : humas/rb • Fotografer : humas/rb • 02 Oct 2019 • Dibaca : 769 x ,

Pengunjung Pameran saat registrasi di Booth LAPAN

Perubahan iklim merupakan isu yang menjadi perhatian nasional maupun internasional. Kondisi ini perlu disikapi dengan tindakan nyata salah satunya dengan upaya mitigasi bencana serta mengurangi emisi gas rumah kaca. Upaya ini bisa dilakukan dengan bekerja sama dengan berbagai pihak baik antar kementerian, lembaga pemerintah, pemerintah daerah, dan juga partisipasi dari masyarakat.

LAPAN sebagai lembaga pemerintah yang fokus penelitiannya dibidang teknologi keantariksaannya juga telah berpartisipasi dalam isu pengendalian perubahan iklim ini dengan pemanfaatan teknologi tersebut. Beberapa aplikasi berbasis satelit yang bisa dimanfaatkan antara lain SIPANDORA (Sistem Pemantauan Bumi Nasional berbasis Android) aplikasi ini memberikan informasi terkait sistem pemantauan sumber daya alam dan sistem informasi untuk mitigasi bencana. Aplikasi ini dikembangkan oleh LAPAN untuk digunakan dan dimanfaatkan masyarakat luas.

Tidak hanya itu, LAPAN juga telah memiliki SpaceMAP yang juga memanfaatkan satelit untuk memberikan layanan data dan informasi penginderaan jauh berbasis digital yang cepat, aman, dan popular. Untuk memberikan informasi mengenai hasil litbangyasa khususnya yang berkaitan dengan pengendalian perubahan iklim, LAPAN berpartisipasi dalam Pameran Festival Iklim 2019 dengan tema “Emisi Menurun Indonesia Maju Berketahanan Iklim di Gedung Manggala Wanabhakti Kementerian LHK dari tanggal 2 – 5 Oktober 2019.

Selain SIPANDORDA dan SpaceMAP. LAPAN juga menampilkan berbagai infografis seperti SwifTS, LAPAN fire hotspot, Santanu, Semar, pemanfaatan satelit LAPAN, penginderaan jauh dan roket rx 450. Para pengunjung yang datang ke booth LAPAN, juga diberikan informasi mengenai penggunaan aplikasi tersebut sehingga masyarakat luas dapat dengan mudah menggunakannya dan mengaksesnya.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, SIti Nurbaya mengatakan “Indonesia tidak lagi memiliki kekuasaan maupun pilihan selain meningkatkan ambisi pengendalian perubahan iklim, untuk itu diperlukan aksi yang konkrit dan nyata serta kolaborasi”


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL