Kompetensi Utama

Layanan


Fenomena Gerhana Matahari Cincin Akan Terlihat di Singkawang, Pemkot Lakukan Ini
Penulis : Redaksi • Media : harapanrakyat.com • 02 Oct 2019 • Dibaca : 238 x ,

Fenomena gerhana matahari cincin akan terlihat di Kota Singkawang pada penghujung tahun 26 Desember 2019. Seperti yang diketahui, gerhana adalah fenomena alam yang jarang terjadi.

Salah satu tanda kebesaran-Nya ini tentu saja menjadi bahan perbincangan publik. Sebagai salah satu kota yang akan dilintasi gerhana matahari cincin, Singkawang langsung menyita perhatian.

Gerhana matahari cincin atau yang sering disingkat menjadi GMC ini diprediksi akan dimulai pada pukul 12.15 WIB dengan fase puncak pada pukul 12.17 WIB.

Gerhana matahari cincin yang hadir di Indonesia ini akan berakhir pada pukul 12.19 WIB. Fenomena ini bertepatan dengan momen perayaan Natal dan Tahun Baru sehingga membuat masyarakat semakin antusias menyambutnya.

Fenomena Gerhana Matahari Cincin
Gerhana matahari cincin adalah fenomena alam terjadi saat bulan, bumi dan matahari berada dalam posisi segaris. Posisi bulan ini ada di titik terjauh dengan bumi.

Prof Thomas Djamaluddin selaku Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengatakan bahwa gerhana matahari cincin akan melintasi wilayah Indonesia. Selain Singkawang, GMC juga melewati Siak, Padang Sidempuan, Malinau, Berau, dan Tanjung Selor.

Selain itu, Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengungkapkan rasa bersyukurnya karena dilintasi gerhana matahari cincin.

Dalam menyambut fenomena gerhana matahari cincin tersebut, Rabu (25/9/2019), Tjhai Chui Mie menghadiri Launching Hitung Mundur Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang bertempat di Bandung.

Tjhai Chui Mie juga mengajak semua masyarakat Indonesia untuk menyaksikan gerhana matahari cincin di Singkawang.

Kegiatan Menyambut Gerhana Matahari Cincin
Letak Kota Singkawang ada di jalur lintas negara, seperti Malaysia dan Brunai Darussalam. Dengan demikian, gerhana matahari cincin bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, tak hanya lokal, melainkan juga mancanegara.

Melayu Kreatif Kota Singkawang pun terus mendukung setiap program yang dijalankan oleh Pemerintah Kota Singkawang, sebagai Kota Pariwisata dan Kota Tertoleransi se-Indonesia.

Pemerintah Kota Singkawang itu sendiri gencar melakukan berbagai kegiatan. Mulai dari kegiatan religi, sosial budaya, pendidikan, kesenian, hingga perdagangan seperti pameran UMKM produk khas Singkawang.

Kegiatan-kegiatan tersebut tentu saja bisa menambah pemasukan pada para pelaku ekonomi Kota Singkawang. Dalam menyambut fenomena gerhana matahari cincin pun, Tjhai Chui Mie juga akan menyiapkan beragam acara.

Dalam hal ini, Tjhai Chui Mie akan mengadakan pertemuan untuk membahas mengenai lokasi dan acara apa saja yang akan ditampilkan. Bisa saja mengadakan acara festival, hiburan, lomba ataupun event lainnya.

Gerhana matahari cincin memang melintasi Indonesia, namun fenomena ini tak akan terlihat di semua wilayah. Oleh karenanya, Prof Thomas Djamaluddin berharap kepada daerah yang dilewati GMC untuk menyiapkannya sebaik mungkin.

Dampak Gerhana Matahari Cincin
Terjadinya gerhana matahari cincin menimbulkan dampak yang sebaiknya anda tahu. Adapun salah satu dampaknya yaitu gangguan saluran komunikasi.

Dampak berkepanjangan memang tak terasa, namun efek selama gerhana bisa terjadi. Gelombang radio hingga koneksi internet bisa terganggu saat terjadi gerhana matahari cincin.


Anda tak perlu merasa heran mengapa kabar mengenai fenomena gerhana matahari cincin selalu diberitahukan jauh-jauh hari. Hal ini dilakukan agar pihak yang terdampak bisa mewaspadainya, misalnya saja bandara.



Selain itu, dampak gerhana matahari cincin lainnya yaitu membuat gravitasi bumi menjadi lebih besar. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan oleh NASA dan BMKG.

Adanya gerhana matahari cincin menyebabkan jarak antara bumi, matahari dan bulan berubah. Meski tak banyak, namun perubahan tersebut menyebabkan jarak bumi lebih dekat karena ada gravitasi yang besar.

Fenomena gerhana matahari cincin juga berpengaruh terhadap magnet bumi. Perlu diketahui, saat matahari tertutup lapisan ionosfer, maka konteks dari ionnya berubah.

Perubahan tersebut menyebabkan gangguan pada variasi medan magnetnya. Maka tak heran jika gerhana matahari cincin mengakibatkan magnet di bumi bermasalah.

Setelah gerhana matahari cincin hilang, magnet bumi akan normal lagi. Dampak yang ditimbulkan gerhana matahari cincin memang bisa dibilang tidak mengancam kehidupan.

Selain itu, gerhana matahari cincin juga mengakibatkan kegelisahan pada hewan dan menambah wawasan atau ilmu pengetahuan. Ilmu ini juga bisa memudahkan dalam mengamati fenomena mendatang yang berkaitan dengan gerhana matahari cincin.

Fenomena gerhana matahari cincin adalah momen yang langka. Tentunya menjadi kegembiraan tersendiri jika daerah anda dilintasi fenomena alam ini. Jangan sia-siakan kesempatan anda untuk menyaksikannya. (R10/HR-Online)







Sumber : https://www.harapanrakyat.com/2019/10/fenomena-gerhana-matahari-cincin-akan-terlihat-di-singkawang/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL