Kompetensi Utama

Layanan


Peneliti dan Perekayasa Tingkatkan Kompetensi Melalui Bimtek Penyusunan Draft Paten
Penulis Berita : humas/EN • Fotografer : humas/EN • 02 Oct 2019 • Dibaca : 318 x ,

Kepala Pusat Inovasi dan Standar Penerbangan dan Antariksa, Ir. Yuliantini Erowati, M.Si saat memberikan pemaparannya

Sebanyak 51 peneliti dan perekayasa dari satuan kerja teknis dan BPAA Pasuruan ikuti bimbingan teknis penyusunan draft paten yang diselenggarakan oleh Pusat Inovasi dan Standar Penerbangan dan Antariksa di Bumi Katulampa Convention Resort Bogor, Jawa Barat dari tanggal 2 – 4 Oktober 2019. Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para peneliti dan perekayasa dalam teknik penelusuran terhadap penemuan yang akan dipatenkan, meningkatkan kemampuan para peneliti dan perekayasa dalam penyusunan deskripsi dan teknik pembuatan klaim paten serta sebagai upaya dalam meningkatkan dan mempercepat proses pendaftaran paten ke DJKI Kemenkumham RI.

Kepala Pusat Inovasi Penerbangan dan Antariksa Ibu Yuliantini Erowati dalam paparannya menjelaskan mengenai peran Pusispan sebagai pusat fasilitator yang menghubungkan antara pusat teknis dan pengguna. LAPAN terus berkomiten untuk mengelola hilirisasi hasil litbangnya dalam rangka peningkatan kapasitas dan inovasi teknologi penerbangan antariksa. Lebih lanjut Yuli mengatakan Hak Kekayaan Intelektual (HKI), prototipe, dan karya tulis ilmiah merupakan indikator utama dari sebuah lembaga litbang seperti LAPAN ini.

Dalam rangka hilirisasi teknologi antara inventor dengan pengguna, Pusispan memiliki 3 peran utama yakni melakukan identifikasi awal penelusuran HAKI, melakukan valuasi asset tak berbentuk dan menajemen pengelolaan. 

Sementara itu, Pembicara utama Dian Nurfitri, Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Kementrian Hukum dan Ham menyampaikan materi terkait dengan penulisan deskripsi dan penelusuran paten sesuai dengan UU Paten No. 13/2016, Permenkumham No. 38/2018 Tentang Permohonan Paten, dan PP No. 34/1991 tentang tata cara permohonan paten.

Bimtek ini merupakan yang ketiga kalinya yang diselenggarakan oleh LAPAN, pada Bimtek pertama menampilkan 26 judul invensi yang berhasil didaftarkan, kemudian pada bimtek kedua yang dilaksanakan secara mandiri untuk satker Pustekbang terdapat 9 judul ivensi yang telah didaftarkan patennya. Untuk Bimtek ketiga ini telah para peneliti dan perekayasa LAPAN telah menghasilkan 45 judul draft paten yang meliputi bidang invensi paten elektro sebanyak 17 judul Invensi, mekanik 27 Judul, dan bidang kimia invensi 1 judul invensi.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
Peneliti dan Perekayasa Tingkatkan Kompetensi Melalui Bimtek Penyusunan Draft Paten
02 Oct 2019
Sebanyak 51 peneliti dan perekayasa dari satuan kerja teknis dan BPAA Pasuruan ikuti bimbingan teknis penyusunan draft paten yang diselenggarakan oleh Pusat Inovasi dan Standar Penerbangan dan Antariksa di Bumi…
PELATIHAN DRAFTING PATEN TINGKAT DASAR 2018
22 Mar 2018
Jakarta – Pada tanggal 20-21 Maret 2018, Pusat Inovasi – LIPI telah menyelenggarakan Pelatihan Drafting Paten Tingkat Dasar 2018 yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari di Hotel Gren Alia Prapatan,…
HaKI Tingkatkan Inovasi Karya Litbang LAPAN
01 Aug 2017
Himpunan Peneliti Indonesia (Himpenindo) Cabang LAPAN bekerja sama dengan Biro Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Hukum LAPAN…

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL