Kompetensi Utama

Layanan


Tak Ada Titik Api, Asap Menebal di Kota Jambi Pagi Tadi
Penulis : Radesman Saragih • Media : beritasatu.com • 21 Oct 2019 • Dibaca : 702 x ,

Jambi, Beritasatu.com - Asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang sempat menipis akibat guyuran hujan, mendadak menebal dan menyelimuti Kota Jambi, pada pukul 08.00 WIB, Senin (21/10/2019) pagi tadi. Pantauan di Kota Jambi, Senin pagi tadi, asap tampak tebal dan membatasi jarak pandang hingga 1,5 kilometer.

Asap tebal juga membuat bau asap terasa sampai ke dalam rumah. Asap tebal tersebut membuat tenggorokan gatal, nafas terasa sesak dan mata pedih. Kepala Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Addi Setiadi mengatakan, asap tebal yang tiba–tiba menyelimuti Kota Jambi tersebut merupaka sisa–sisa pemadaman karhutla yang tertiup angin.

“Pantauan kami Senin pagi tidak ada titik api di Jambi. Asap di Kota Jambi juga Senin pagi sekititar jam 07.00 WIB sangat tipis. Tetapi tiba-tiba asap ini tebal. Asap tebal ini kami perkirakan sisa-sisa pemadaman karhutla yang tertiup angin,”katanya.

Dikatakan, biasanya asap tebal sisa karhutla tersebut tak lama akan hilang tertiup angin ke daerah lain. Asap tebal tersebut akan hilang secara bertahap jika tidak muncul lagi titik api. Berdasarkan pantauan satelit Terra/Aqua milik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Minggu (20/10/2019) dan Senin pagi, jumlah titik api di Provinsi Jambi tersisa satu titik, yakni di Kecamatan Rantau Rasau, Kabupaten Tanjungabung Timur. Jumlah titik api tersebut menurun drastis dibandingkan jumlah titik api di Provinsi Jambi, Kamis (17/10/2019) dan Jumat (18/10/2019) sebanyak 41 titik.

Drastisnya penurunan titik api di Jambi disebabkan hujan yang turun antara satu hingga dua jam setiap hari. Hujan lebat juga masih mengguyur Kota Jambi dan beberapa kabupaten di Jambi, Minggu siang dan malam hari.

LINK:
https://www.beritasatu.com/nasional/581028/tak-ada-titik-api-asap-menebal-di-kota-jambi-pagi-tadi








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL