Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Antisipasi Tantangan Layanan Data dan Keamanan Siber di Era Disrupsi
Penulis Berita : Humas/PS • Fotografer : Humas/PS • 24 Oct 2019 • Dibaca : 152 x ,

Sekretaris Utama LAPAN, Prof. Dr. Erna Sri Adiningsih memberikan sambutan

Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Penerbangan dan Antariksa (Pustikpan) LAPAN melaksanakan Seminar Teknologi Informasi dan Focus Group Discussion (FGD) penyusunan Rencana Induk Sistem Pemerintahan Berbaiss Elektronik(SPBE) LAPANd engan tema ”Tantangan Layanan Data dan Keamanan Siber di Era Disrupsi”. Acara diselenggarakan di Hotel Santika Premiere, Harapan Indah, Bekasi pada Senin (23/10). Kegiatan tersebut mengundang narasumber dari Indonesia Cyber Security Forum (ICSF) serta dari Lokadata. Acara ini dihadiri jajaran pejabat struktural dan fungsional di lingkungan LAPAN.

Seminar dibuka oleh Sekretaris Utama LAPAN, Prof. Dr. Erna Sri Adiningsih. Dalam arahannya, Erna menyampaikan bahwa seiring dengan perkembangan teknologi informasi di era disrupsi yang mengubah paradigma tata kelola layanan data, informasi dan keamanan siber, maka LAPAN perlu mengantisipasinya agar dapat memberikan layanan data dan informasi yang aman dan mudah diakses bagi pengguna. “Oleh karena, itu data-data tersebut harus terlindungi keamanannya dari segala jenis kejahatan siber (cybercrime)”, ujarnya. Erna berharap semoga seminar ini memberi dampak yang positif, dan bukan hanya merupakan pertemuan formal semata, tetapi harus bisa menjadi ajang berbagi ilmu terkait dengan Iptek khususnya teknologi informasi dan segala tantangannya pungkasnya.


Selanjutnya Chusnul Tri Judianto, Kepala Pustikpan menyampaikan bahwa seminar ini dilaksanakan dengan maksud meningkatkan kemampuan untuk memproteksi data dan informasi beserta infrastrukturnya dari gangguan keamanan, khususnya kejahatan siber. Chusnul melaporkan bahwa seminar ini dikemas berbentuk ”talkshow” agar lebih menarik dan lebih mudah dipahami peserta seminar. Pada seminar ini juga dibahas progres “Metodologi Penyusunan Rencana Induk Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) LAPAN 2020-2024 yang sudah disusun sebelumnya bersama dengan konsultan.


Pada sesi berikutnya, Ardi Suteja sebagai Ketua dan Pendiri Indonesia Cyber Security Forum sebagai narasumber menjelaskan bahwa ancaman keamanan dan ketahanan siber bukan semata-mata hanya masalah Teknologi Informasi dan Komunikasi saja, tetapi berawal dari perilaku kita sendiri mengenai kepedulian terhadap keamanan data pribadi kita. Selanjutnya, Ardi menyampaikan bahwa serangan siber bisa berlangsung dengan berbagai wujud dan dengan waktu tak terduga, tanpa kita sempat mengantisipasi.


Sesi terakhir yaitu tanya jawab dan diskusi, peserta seminar banyak yang mengajukan pertanyaan antara lain terkait langkah-langkah apa yang harus dilakukan, bagaimana strategi yang harus ditempuh, dan bagaimana cara awal untuk mengantisipasi tantangan layanan data dan keamanan siber di era disrupsi. Semua pertanyaan tersebut dibahas dan didiskusikan bersama dengan para narasumber.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL