Kompetensi Utama

Layanan


Talkshow SIPANDORA dan Gerhana Matahari Cincin di Panggung Utama ISE 2019
Penulis Berita : humas • Fotografer : humas • 24 Oct 2019 • Dibaca : 199 x ,

Dr Johan ketika membahas mengenai gerhana matahari cincin di ISE 2019

LAPAN ikut berpartisipasi dalam Indonesia Science Expo 2019 di ICE BSD, Serpong pada tanggal 23 – 26 Oktober 2019. Acara ini diselenggarakan oleh Lembaga Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan tujuan untuk mengenalkan dunia sains kepada masyarakat dan menampilkan berbagai hasil riset yang dilakukan oleh para peneliti maupun inovator yang ada di Indonesia.

Dalam sesi talkshow di panggung utama Kabag Humas LAPAN, Jasyanto menjadi moderator untuk materi SIPANDORA dan Matahari Cincin. Dalam pemaparan materinya, Kepala Bidang Diseminasi Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh, Muhammad Priyatna mengatakan “SIPANDORA merupakan sistem informasi pemantauan bumi nasional berbasis android yang dapat diakses dengan mudah dan dimanfaatkan oleh masyarakat secara luar,” ujarnya.

Priyatna juga menjelaskan mengenai Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh yang sedang mengembangkan platform baru dengan nama PLATYPUS (Platformnya Penginderaan Juah Untuk Semua). Platform ini nantinya akan langsung terhubung dengan Kementerian/lembaga terkait yang dapat dimanfaatkan untuk melihat kawasan konservasi, pencegahan pencemaran, kebencanaan dan pemanfaatan sumber daya alam.

Sementara itu saat sesi kedua, Dr Johan peneliti dari Pusat Sains Antariksa menyampaikan mengenai fenomena alam gerhana matahari cincin yang akan terjadi pada tanggal 26 Desember 2019. Johan memaparkan mulai dari terbentuknya gerhana, cara mengamatinya, dan dampak dari fenomena gerhana matahari cincin tersebut.

Selain kegiatan talkshow, pada acara tersebut juga digelar beragam kegiatan kompetisi ilmiah generasi muda dalam LIPI Youth Science Fair yang mencakup ajang LIPI Young Scientist Award, Lomba Karya Ilmiah Remaja, dan National Young Inventors Award yang diikuti 150 proyek penelitian dari 11 partisipan internasional, seperti Indonesia, Jepang, Macau, Malaysia, Philipina, Rusia, Singapura Taiwan, Thailand, Tiongkok, dan Vietnam.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL