Kompetensi Utama

Layanan


Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Garut Terima Kunjungan Ilmiah dari SMA Plus Muallimin Persis, Manonjaya, Tasikmalaya
31 Oct 2019 • Dibaca : 308 x ,

Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer LAPAN Garut (BUTPAAG) menerima kedatangan rombongan dari SMA Plus Muallimin Persis, Rajapolah, Tasikmalaya yang berjumlah 46 orang siswa/siswi dan 8 guru pembimbing, sehubungan dengan program Ekstra Kulikuler (Eskul) Ilmu Falaq/Astronomi dimana materi tersebut salah satunya sesuai dengan kompetensi yang ada di LAPAN, yaitu pengamatan Antariksa dan Atmosfer.


Dalam kunjungan ini siswa/siswi sangat antusias sekali dengan melontarkan pertanyaan-pertanyaan kepada pemateri baik di ruangan maupun di lokasi alat peluncur roket berada. Kegiatan ini berlangsung pada  Selasa (29/10) dimulai pukul 15.00 wib s.d 18.00 wib di Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Garut (BUTPAAG) LAPAN. "Kegiatan kunjungan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan wawasan di bidang kedirgantaraan dan mengimplementasikan teori yang diberikan oleh guru pengajar ekstra kulikuler ilmu falak di sekolahnya yang akan dipraktekkan langsung dengan menggunakan alat yang ada di BUTPAAG LAPAN“, ujar perwakilan dari Guru Pembimbing.


Bidang penelitian dan pengembangan (litbang) penerbangan dan antariksa serta pemanfaatannya, juga penyelenggaraan keantariksaan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan adalah merupakan tugas Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Pada saat ini LAPAN dinaungi oleh Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan.


Eksplorasi dan pendayagunaan litbang penerbangan dan antariksa mutlak memerlukan ilmu pengetahuan dan teknologi keantariksaan yang bersifat teknologi canggih (high technology), berbiaya tinggi (high cost), berisiko tinggi (high risk), serta dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kesejahteraan. Pentingnya kegiatan Keantariksaan tercermin pada sistem keantariksaan yang memberikan informasi dan jasa-jasa yang melindungi kehidupan dan lingkungan, meningkatkan kesejahteraan dan keamanan, serta memacu pengembangan Iptek.


Pemateri untuk paparan tentang LAPAN disampaikan oleh Rahadyan Lingga Laksita sebagai Perekayasa, sedangkan untuk pemateri pengamatan hilal disampaikan oleh Bambang Suhandi selaku Kepala BUTPAAG, sedangkan untuk penjelasan tentang roket beserta alat peluncurnya dipandu oleh Arip Kurniawan sebagai Perekayasa di bidang roket. Dalam praktek pengamatan hilal tersebut menggunakan dua buah telescope Celestron. (Humas/Jt)














Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL