Kompetensi Utama

Layanan


Seskoal TNI AL dan IPB University Menjalin Kerja Sama
Penulis : Nurul Ferawati • Media : radarbogor.id • 30 Oct 2019 • Dibaca : 579 x ,

BOGOR-RADAR BOGOR. IPB University dan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) Republik Indonesia, menjalin kerja sama pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), riset dan pengembangan, hingga pelaksanaan ekspedisi batas negeri. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Sekolah Staff dan Komando Angkatan Laut (Seskoal), Ciledug. Penandatanganan dilakukan oleh Laksda TNI, Dr. Amarulla Oktavian, S.T., M.Sc., selaku Komandan Sekolah Staff dan Prof. Dr. Ir. Dodik Ridho Nurrochmat, M.Sc.F., selaku Wakil Rektor bidang Kerjasama dan Sistem Informasi, IPB University.

Dalam kesempatan ini, Prof. Dodik Nurrochmat, menyampaikan pentingnya kerja sama antara TNI AL dengan IPB University. “IPB University tentunya akan menanggapi dengan serius terkait perjanjian dengan TNI AL ini, terkhusus Seskoal. Kami memiliki inovasi yaitu Biskuit Clarias, biskuit ini dibuat khusus untuk aktivitas militer. Kami juga memiliki satelit, yaitu Satelit LAPAN IPB University yang bisa dimanfaatkan untuk pendidikan, riset dan pengembangan teknologi, baik oleh IPB University, Seskoal, serta pihak-pihak yang konsentrasi mengembangkan penelitian di berbagai sektor. Mulai dari pertanian, kehutanan, hingga perikanan dan kelautan. Kami juga sedang mengembangkan program teleconference agar mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan dengan mahasiswa-mahasiswa lain di seluruh dunia”, ucap Guru Besar Fakultas Kehutanan IPB tersebut.

Laksda Amarulla Oktavian, juga menyampaikan rasa bangganya terkait terlaksananya perjanjian kerja sama ini. “Saya atas nama Kepala Staff Angkatan Laut, mengucapkan terima kasih atas terlaksananya perjanjian kerja sama ini. Saya berharap, perjanjian ini tidak hanya untuk meningkatkan akreditasi masing-masing instansi. Lebih dari itu, saya berharap agar ada banyak penelitian-penelitian yang bisa kita kerjakan bersama. Saya juga mengapresiasi kegiatan Ekspedisi Batas Negeri yang dilaksanakan oleh TNI AL dan Unit Konservasi Fauna IPB University. Saya rasa, baru IPB University yang mahasiswanya melaksanakan ekspedisi ke pulau-pulau terluar NKRI. Saya berharap dengan adanya perjanjian ini, program-program tersebut bisa terlaksana lebih baik lagi”, ujarnya.

Dengan dilaksanakannya perjanjian ini, IPB University dan TNI AL khususnya di Sekolah Staff dan Komando Angkatan Laut RI, resmi bekerja sama di bidang tenaga kependidikan, penelitian dan pengembangan agromaritim, penyediaan sarana pendidikan dan pengembangan wilayah pesisir, kajian pertahanan di bidang ketahanan pangan, publikasi ilmiah serta pelatihan para mahasiswa yang akan melaksanakan ekspedisi batas negeri, publikasi ilmiah di bidang perikanan dan pertanian, pengabdian masyarakat, serta bebagai hal lain yang bisa dikembangkan bersama oleh IPB University dengan Sekolah Staff dan Komando Angkatan Laut.

LINK:
http://www.radarbogor.id/2019/10/30/seskoal-tni-al-dan-ipb-university-menjalin-kerja-sama/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL