Kompetensi Utama

Layanan


BPS Apresiasi Komitmen Mentan Baru Terhadap Data Pangan BPS
Penulis : Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah Editor: Rohmat Haryadi • Media : Gatra.com • 07 Nov 2019 • Dibaca : 74 x ,

Jakarta, Gatra.com - Deputi Bidang Statistik Produksi BPS, Habibullah mengaku, mengapresiasi komitmen Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang menyatakan agar mengacu pada data BPS perihal kebijakan pangan di kementeriannya. BPS wajar gembira karena dengan menteri pertanian sebelumnya, BPS selalu berselisih terkait data.

"Seratus hari kerja Mentan, positif langkahnya. Data pangan harus satu sumber dari BPS. Menjadi penyemangat kita. Memang sebagaimana UU harus menggunakan data BPS," kata Habibullah ditemui awak media di Jakarta, Kamis (6/11).

Menurut Habibullah, untuk menghitung data pangan yang krusial seperti beras dan jagung. BPS menggunakan metode pendataan Kerangka Sampel Area (KSA), pihaknya bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Kementerian ATR, hingga Lembaga Penerbangan dan Antariksa Negara (LAPAN). Badan Informasi Geospasial juga terlibat dalam pemetaan wilayah produksi.

Ia mengaku, metode KSA sudah digunakan untuk menentukan kebijakan alokasi subsidi pupuk. Karena itu, menurutnya, metode KSA diapresiasi oleh Kementerian PAN RB. Data KSA juga digunakan oleh Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional dalam dasar-dasar kebijakannya saat ini. Karenanya, jika luas baku sawah telah tervalidasi seluruhnya, dipastikan perbaikan data padi dapat terealisasikan dengan tepat.

"Jadi, saat ini bukan lagi soal mengamini (data) yang ada. Sekarang yang menjadi masalah hanya mengenai validasi luas baku sawah," kata Habibullah. Selanjutnya, kata Habibullah, jika nantinya luas baku sawah telah ada, BPS akan menggunakannya untuk menghitung luas panen yang ada dan menetapkan jumlah produksi. Hal ini, tentunya, merupakan tahap akhir dalam pembaruan pendataan padi di dalam negeri.

LINK:
https://www.gatra.com/detail/news/455401/ekonomi/bps-apresiasi-komitmen-mentan-baru-terhadap-data-pangan-bps








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL