Kompetensi Utama

Layanan


Komitmen BPAA Pasuruan terhadap Peningkatan Pelayanan Publik dan Dokumen Karya Ilmiah
Penulis Berita : humas /rz • Fotografer : humas /rz • 07 Nov 2019 • Dibaca : 157 x ,

Foto Bersama usai Sosialisasi

Balai Pengamatan Atmosfer dan Antariksa, Pasuruan merupakan salah satu penyelenggara pelayanan publik di LAPAN yang berhubungan langsung dengan pengguna pelayanan. Sebagai salah satu unit penyelenggara pelayanan publik di LAPAN, BPPA Pasuruan berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanannya dengan diselenggarakannya Sosialisasi Peraturan LAPAN No. 1 Tahun 2019 tentang Pemberian Penghargaan dan Sanksi Bagi Pelaksana Pelayanan Publik di Lingkungan LAPAN dan Masyarakat serta Peraturan LAPAN RI No. 6 Tahun 2019 tentang Serah Simpan dan Repositori Karya Cetak Karya Rekam (KCKR), Kamis (7/11).

Kepala Balai BPAA Pasuruan, Dian Yudha mengatakan “Dalam sosialisasi ini selain dihadiri para petugas pelayanan publik dan jabatan fungsional yang mendukungnya, kami juga melibatkan para satuan pengamanan dan cleaning service. Hal ini penting karena mereka merupakan pintu masuk dan terlibat langsung dalam memberikan pelayanan di lingkungan BPAA Pasuruan ini”.

Dian berharap dengan adanya sosialisasi yang diselenggarakan oleh Biro Kerja Sama, Humas dan Umum sebagai koordinator pelayanan publik yang ada di LAPAN seluruh pegawai bisa memahami pedoman pelayanan publik khususnya yang berkaitan dengan penghargaan dan sanksi bagi pelaksana pelayanan publik dan masyarakat.

Sementara itu, Kabag Humas, Jasyanto dalam pemaparannya mengenai Peraturan Lembaga RI No. 1 Tahun 2019 menjelaskan ada beberapa hal yang mendasari pemberian penghargaan kepada satuan kerja penyelenggara pelayanan publik dan pelaksana publik antara lain tercapainya nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) per tahun mencapai atau melampui nilai target yang ditentukan, tidak menerima pengaduan atau keluhan atas kinerja pelayanan yang bisa dibuktikan dengan catatan pengaduan atau keluhan, dan satker pelayanan publik LAPAN mampu menciptakan inovasi di bidang pelayanan. 

Untuk sanksi bagi satker dan pelayanan publik diberikan jika nilai IKM tidak memenuhi target, satker terbukti melanggar ketentuan layanan publik, pelaksana pelayanan publik terbukti memberikan produk layanan informasi yang dikecualikan dan pelaksana pelayanan publik terbukti menerima uang, barang, jasa yang tergolong gratifikasi dari masyarakat.

Selanjutnya, Andriani Agustina mengajak seluruh pegawai di lingkungan BPAA Pasuruan yang memiliki karya cetak dan karya rekam baik yang dipublikasikan maupun tidak serta original untuk menyerahkan karyanya kepada pengelola repositori lembaga yang ada di perpustakaan pusat di LAPAN. Aturan ini telah tertuang dalam Peraturan Lembaga No. 6 Tahun 2019 tentang Serah Simpan dan Repositori Karya Cetak Karya Rekam (KCKR).

Peratuan ini bertujuan untuk mengatur mekanisme penyimpanan dan pelestarian karya ilmiah, mendorongh peningkatan hasil litbangyasa, menjamin ketersediaan akses, dokumen, dan informasi layanan publik dan mewujudkan repositori karya ilmiah.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL