Kompetensi Utama

Layanan


Siswa - siswa Sekolah Islam Alam dan Sains Al-Jannah Belajar Hilal di LAPAN
21 Nov 2019 • Dibaca : 143 x ,

Kantor LAPAN Pusat, Jakarta, Rabu (20/11) kedatangan sebanyak 122 siswa-siswa dan 15 guru pendamping dari Sekolah Islam Alam dan Sains Al Jannah. Pada kunjungan yang kedua kalinya ini mereka ingin belajar mengenai penentuan awal bulan ramadhan (hilal) di LAPAN. Kabag Humas, Jasyanto menyambut baik dan berharap para siswa dapat belajar serta menambah ilmu pengetahuannya di LAPAN.

“Kami berterima kasih kepada pihak sekolah yang selalu mempercayai LAPAN sebagai tempat untuk menimba ilmu, semoga para siswa dan guru dapat menerima manfaat khususnya pengetahuan tentang hilal.”,ujarnya.

Ibu Poppy selaku Wakil Kepala Sekolah mengatakan kunjungan ke LAPAN ini sangat tepat bagi kami yang ingin memperdalam ilmu mengenai hilal. Hal ini karena berkaitan erat dengan materi Siswa kelas IV yang sedang dipelajari berkaitan dengan puasa atau bulan ramadhan. Para siswa juga dikenalkan dengan hasil litbangyasa LAPAN oleh Unggul Satrio Yudhotomo, sedangkan materi utama hilal dipaparkan oleh Johan Muhammad peneliti dari Pusat Sains Antariksa.

Dalam pemaparannya Johan menjelaskan mengenai hilal yang merupakan bulan sabit pertama yang terjadi saat matahari tenggelam dan inilah awal bulan Hijriyah. Bulan mengelilingi bumi satu kali setiap satu Bulan Hijriyah. Jika hilal berhasil diamati berarti masuk tanggal 1 Bulan Baru (Hijriyah).

Selanjutnya Siswa-siswi ini diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan tanya jawab. Antusias mereka begitu tinggi untuk belajar mengenai sains antariksa.














Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL