Kompetensi Utama

Layanan


Hotspot Disapu Hujan
Penulis : Soegeng Haryadi • Media : tribunnews.com • 25 Nov 2019 • Dibaca : 143 x ,

PALEMBANG, SRIPO -- Hujan deras disertai angin kencang menerpa beberapa wilayah di Provinsi Sumsel dalam beberapa hari terakhir. Imbas hujan yang merata tersebut menyapu hotspot (titik panas) penyebab kebakaran hutan dan lahan sejak beberapa bulan belakangan.

Dari data pantauan tim monitoring pemantauan hotspot Dinas Kehutanan Sumsel, Sabtu (23/11) hotspot tidak terpantau sama sekali. Daerah seperti Kabupaten OKI, Ogan Ilir, Banyuasin, Musi Banyuasin dan PALI yang biasanya dipenuhi hotspot, kini hilang.

"Syukur untuk hari ini terpantau tidak ada titik api. Hal ini merujuk pada data hotspot LAPAN dengan tingkat kepercayaan 80 persen," Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD Sumsel, Ansori.

Sementara pada Sabtu, BMKG mengeluarkan peringatan wilayah di Sumsel yang berpotensi diterpa hujan petir dan angin kencang. Kondisi tersebut diperkirakan berlangsung hingga tengah malam.

Ada 15 daerah, yakni OKI, Musi Rawas, Musirawas Utara, Lahat, Pagaralam, Empatlawang, Banyuasin dan Musi Banyuasin; potensi hujan lokal di wilayah OKU Timur, OKU Selatan, Ogan Ilir, Lubuklinggau, PALI, Muaraenim dan Palembang.

"Kami imbau kepada masyarakat agar waspada, karena untuk hari ini sesuai prediksi BNKG sejumlah wilayah akan diterpa hujan deras disertai petir," ujar Kasi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Bambang Beny Setiaji.

Sementara untuk suhu udara wilayah Sumsel yang berada pada dataran rendah seperti Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berada pada 23 – 33°C, Kelembaban Udara 60 % - 98 %.

Sedangkan suhu udara wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Empatlawang, Lubuklinggau, Lahat, Pagaralam dan OKU Selatan: 18 – 31°C; Kelembaban Udara 65 % - 100 %. Untuk angin, Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 3 – 27 km/jam.

Sementara hujan lebat mengguyur Kota Palembang, Sumsel lenyebabkan beberapa ruas jalan protokol terendam dan banyak mobil mogok karena menerjang banjir.

Hujan deras mengguyur Kota Palembang pukul 16.30 WIB. Tak lebih dari 30 menit hujan, sejumlah jalan protokol terendam.

"Ini hujan tidak sampai 1 jam saja sudah banjir, beberapa jalan protokol banjir dan terendam. Ini contohnya di Jalan Burlian," kata seorang warga, Prima Syahbana, saat ditemui di titik banjir, Sabtu (23/11).

Prima, yang ditemui bersama istri, terlihat kesal karena tak ada satu petugas pun di lokasi. Padahal lokasi itu sudah menjadi langganan banjir. "Nggak ada polisi satu pun, padahal jalan poros ini. Ini kedalaman sudah mencapai 50 cm, banyak kendaraan mogok di sana," kata Prima.

Terpantau kemacetan di Jalan Protokol Kolonel H Burlian sudah mencapai 4,5 km. Terlihat pula ratusan motor mogok akibat nekat menerobos. Bahkan ada pula beberapa pengendara mulai bahu-membahu naik trotoar agar dapat putar haluan.

LINK:
https://palembang.tribunnews.com/2019/11/25/hotspot-disapu-hujan








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL