Kompetensi Utama

Layanan


SMK Ma’arif Garut Kunjungi LAPAN Garut
27 Nov 2019 • Dibaca : 1461 x ,

Sejumlah 115 siswa/siswi kelas dua Jurusan Teknik Komputer Jaringan dan Teknik Kendaraan Ringan beserta 11 guru pendamping dari SMK Ma’arif Garut, mengunjungi Kantor Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BUTPAA) LAPAN Garut Rabu (20/11). Kepala Pogram Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Ma’arif Garut, Entep Zaky Hidayat, menyampaikan bahwa tujuan kunjungan yaitu untuk mengetahui kegiatan dan hasil karya LAPAN khususnya di BUTPAA Garut. Selain itu juga dapat memberikan motivasi dan ilmu pengetahuan bagi siswa siswi, karena di balai ini terdapat jurusan yang sesuai dengan kurikulum sekolah salah satunya pengamatan benda langit menggunakan teropong yang terintegrasi dengan teknik jaringan komputer yang akan menambah wawasan mereka.

Kepala Subbagian Tata Usaha Ayi Kusmayadi, mewakili Kepala Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Garut mengatakan bahwa LAPAN memiliki tugas untuk memberikan layanan informasi teknologi kepada publik khususnya generasi muda dan sangat terbuka untuk dikunjungi, disamping itu Ayi Kusmayadi memberikan semangat kepada generasi muda untuk lebih mengenal IPTEK di era milenial.

Disela-sela kunjungan, LAPAN menyampaikan kepada ketua rombongan kegiatan keantariksaan LAPAN seperti diamanatkan dalam Undang - Undang Keantariksaan nomor 21 tahun 2013 bahwa LAPAN mempunyai kegiatan keantariksaan terkait sains antariksa dan atmosfer, adalah ilmu yang mempelajari tentang atmosfer Bumi benda di luar angkasa, benda-benda tersebut dapat berupa benda-benda seperti matahari dan bulan. LAPAN melakukan prediksi cuaca antariksa, seperti badai matahari. Badai matahari ini tidak berpengaruh terhadap kelangsungan kehidupan mahluk hidup di bumi, namun dapat berdampak pada orbit satelit, navigasi pesawat terbang dan kemunculan teknologi antariksa lainnya. Selanjutnya jelaskan terkait bidang penginderaan jauh dari LAPAN memiliki tugas untuk menyediakan citra satelit. Citra tersebut digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti pemantauan lingkungan, garis pantai, terumbu karang, penebangan hutan secara ilegal, perkebunan, pertanian, perkotaan, zona penangkapan ikan, pegunungan, dan kebakaran hutan. Citra tersebut juga sangat bermanfaat dalam mitigasi dan penanganan bencana.

Penguasaan teknologi Keantariksaan seperti pengembangan teknologi Roket, penguasaan dan pengembangan teknologi satelit, penguasaan dan pengembangan teknologi aeronautika dan penjalaran teknologi. Produk teknologi ini yaitu satelit, roket, dan pesawat terbang. Roket merupakan wahana untuk meluncurkan satelit ke luar angkasa. Kegiatan yang terakhir yaitu kegiatan komersial Keantariksaan, kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan ekonomi, dimana kedepannya indonesia sudah mandiri atau mampu untuk mengorbitkan satelit maka prospek komersial akan diperoleh dengan adanya negara lain untuk ikut mengorbitkan satelit pada wahana kita.

Pada kesempatan kunjungan kali ini, Perekayasa, Rahadyan Lingga Laksita memaparkan informasi singkat tentang LAPAN dan dari Teknisi Litkayasa Yudi Haryanto memaparkan tentang rancang bangun roket air dan Selasa malam (19/11) dilaksanakan pengamatan benda-benda langit yang dipandu oleh Acep Nugraha sebagai operator teleskop. Pada kegiatan selanjutnya, siswa diajak berkunjung ke gedung Assembling melihat langsung alat peluncur roket yang telah digunakan beberapa kali meluncurkan roket buatan LAPAN yang dipandu oleh Arip Kurniawan, meskipun hari sudah beranjak siang dan suhu di lingkungan balai mulai panas, tetapi tidak menyurutkan semangat siswa/i untuk tetap mengikuti paparan dan penjelasan dari para teknisi LAPAN. Kegiatan demo roket air yang pandu oleh teknisi litkayasa Diyat Muhdiyat mendemokan roket air yang berjalan dengan lancar lepas dari peluncurnya diiringi tepuk tangan para siswa yang menyaksikan demo roket air tersebut.

















Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL